Berkunjung Ke Rumah Sakit Boneka Yang Menyeramkan Di Portugal

Berkunjung Ke Rumah Sakit Boneka Yang Menyeramkan Di Portugal – Di pusat kota Lisbon, Portugal, terdapat sebuah rumah sakit untuk mengobati boneka – boneka dalam kondisi rusak berat.

Rumah sakit tersebut diberi nama Doll Hospital yang juga merangkap sebagai museum yang dibuka untuk masyarakat setempat hingga turis mancanegara.

qw1a1

Sejarah Dibangunnya Doll Hospital.

Lebih dari seabad lalu, tepatnya sekitar tahun 1830, di pinggir jalan raya kota Lisbon, kerap tampak seorang wanita dewasa yang senang duduk – duduk santai disalah satu bangku taman kota sambil membawa seperangkap peralatan menjahit untuk baju – baju boneka.

Dia selalu memilih untuk duduk di depan kompleks pertokoan tanaman hias herbal, dekat dengan pasar tradisional Lisbon.

Tak heran, setiap hari apalagi di waktu pagi hari, banyak orang tua yang kebetulan mengunjungi pasar tradisional dan melihat wanita tersebut sedang sibuk menyulam benang wol untuk dijadikan sweater boneka – bonekanya terheran – heran melihat kegiatan rutin dari wanita itu yang dilakukan dengan penuh kesabaran setiap harinya, mereka mulai berkenalan dan saling menyapa sementara anak–anak mereka sibuk memperhatikan kegiatan wanita dewasa tersebut.

Pada akhirnya, anak – anak kecil meminta tolong kepadanya untuk dibuatkan pakaian unik dan cantik terhadap koleksi boneka – boneka mereka, pada waktu hari libur sekolah seperti Sabtu dan Minggu.

Mereka membawa boneka kesayangannya kepada si wanita untuk dibuatkan pakaian yang sedang tren layaknya manusia.

Tentu saja wanita itu sangat senang membetulkan boneka – boneka tersebut sambil membuatkan pakaian yang cocok dengan menyertakan sebuah doa atau semacam mantra – mantra seperti yang kerap dinyanyikan oleh para ibu rumah tangga di India, dimana kebiasaan aneh itu berlanjut selama bertahun – tahun,

Hingga kemudian toko tanaman hias herbal ditutup oleh si pemiliknya yang kemudian beralih profesi dengan membuka Hospital de Bonecas alias Doll Hospital.

Mengutip situs resmi Doll Hospital, Selasa (15/3/2016), rumah sakit dalam skala kecil tersebut resmi dibuka pada tahun 1830 dan memiliki museum unik dibagian dalamnya.

Hingga saat ini, rumah sakit ini masih terbuka untuk umum dan kerap digunakan oleh anak – anak sedunia untuk membetulkan boneka – boneka kesayangan mereka yang rusak.

Beberapa ruangan di Doll Hospital memajang boneka – boneka kuno dan langka berusia ratusan tahun dan dijual dengan harga yang sangat mahal berasal dari mancanegara, juga anda bisa melihat beberapa miniatur rumah boneka modern, baju boneka rajutan tangan, serta beberapa mainan dan boneka antik berusia ratusan tahun yang dijual kepada turis asing yang berkunjug ke tempat ini.

Doll Hospital berlokasi di Praca da Figuera, di pusat kota Lisbon, Portugal. Museumnya buka pada Senin – Sabtu pukul 10.30 – 12.30 dan 15.30 – 17.00 waktu setempat.

Turis yang berminat melihat koleksi boneka – boneka tersebut adalah rata – rata dari kelompok anak – anak perempuan usia sekolah SD hingga remaja putri dan para ibu rumah tangga, dimana mereka yang berkunjung dikenakan biaya lumayan mahal yaitu 2 Euro ( Rp 30.000 per orang ) untuk bisa masuk ke dalamnya.

Jenis – Jenis Boneka Antik Di Dalam Museum.

Boneka merupakan mainan yang sangat populer dgemari oleh anak – anak sedunia sejak zaman dahulu.

Penampilan boneka jumlahnya beragam, berupa sosok hewan lucu atau anak manusia berparas menawan dan cantik, dimana boneka adalah primadona bagi anak – anak di seluruh dunia.

Bahkan pada abad ke 18 dan 19 sempat bermunculan tren mengoleksi boneka mewah dengan harga – harga selangit terutama dikalangan bangsawan Eropa.

Namun tak semua boneka menghadirkan nuansa keceriaan bagi si pemiliknya. Beberapa boneka diketahui justru dibuat dengan tujuan membangkitkan kesan seram dan memiliki sosok yang menakutkan, bahkan dikabarkan bisa kerasukan hantu.

Baca Artikel Lainnya :

Boneka – boneka seperti ini banyak dikoleksi di rumah sakit ini yang berasal dari cerita legenda tentang boneka berhantu dan sudah beredar di seluruh kota di tengah masyarakat.

Beberapa diantaranya bahkan menjadi inspirasi pembuatan film horor, seperti boneka Robert the Doll atau Robert the Haunted Doll, Annabelle, boneka Okiku, Joliet, dan Katja.

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *