Berwisata ke Candi Borobudur

Candi Borobudur merupakan salah satu dari tujuh tempat keajaiban dunia. Candi ini bukan hanya terkenal dan terbesar di Indonesia, bahkan di dunia. Bila anda lihat dari atas strukturnya yang tertata rapi dan unik membuat siapa saja akan terkagum mengingat bangunan ini cukup kuat di bangun pada jaman yang sejak dahulu, tanpa peralatan mesin dan teknologi canggih. Tidak banyak pula, banyak ditemui wisatawan asing yang berkunjung.

fu 14

Candi ini terdiri dari 504 arca dan 72 stupa yang mengelilingi di setiap sudut candi. Dan yang cukup membuat anda terkagum lagi adalah adanya 1460 relief dengan panjang panel 2 meter yang menghiasi setiap jalan di sisi kanan dan kiri candi di dalamnya. Percaya tidak percaya, candi ini merupakan mahakarya terbesar. Bayangkan susunan balok vulkanik dan ukiran relief yang amat luas tetap berdiri kokoh hingga saat ini.

Ketika anda sampai di tempat ini tentunya anda tidak akan bosan hanya dengan sekedar melihat. Anda juga bisa belajar dan mengetahui cerita apa yang digambarkan oleh relief-relief tersebut dengan menggunakan jasa pemandu yang ada disana. Nah, anda tentunya juga harus mengitari seluruhnya untuk bisa sampai ke puncaknya.

Anda juga bisa hunting foto disini. Berfoto di ketinggian Candi Borobudur dikelilingi pemandangan gunung disekitar yang akan menambah kesan anda. Anda juga bisa membeli souvenir berupa kaos, gelang, kalung, topi, dan juga miniatur Candi Borobudur yang bisa anda bawa pulang untuk kenang-kenangan. Anda juga bisa mengunjungi kompleks-kompleks yang ada di sekitar candi.

Ada lagi hal yang menarik. Anda tentu boleh percaya tidak percaya, bahwa ada stupa yang didalamnya berisi patung Buddha yang sedang duduk. Cobalah anda memasukkan tangan anda pada celah atau lubang yang terdapat pada stupa dan coba raih dan pegang kepala pada patung tersebut. Patung tersebut cukup jauh untuk dicapai, kerena letaknya yang berada di tengah. Bila tangan anda cukup sampai, anda bisa mendapatkan keberuntungan dan memohon apa yang ingin anda minta.

Anda dapat berkunjung pada jam buka pukul 6 pagi hingga pukul 7 sore. Datanglah dengan pakaian tertutup dan sopan mengingat candi ini adalah tempat yang cukup sakral untuk umat yang beragama Buddha. Bila anda lupa, anda akan dipinjamkan selendang untuk menutup bagian tubuh yang terbuka. Untuk transportasi anda bisa menggunakan kendaraan pribadi dan transportasi umum yang cukup banyak ditemui di jurusan Candi Borobudur.

Wah cukup menyenangkan bukan berwisata sambil menikmati pemandangan bangunan sejarah? Untuk itu, anda jangan lupa membawa topi karena tempatnya terbuka bisa membuat anda kepanasan. Nah, sempatkan diri anda berkunjung ke Candi Borobudur bila mampir berwisata ke Jawa Tengah ya!

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *