Bijak Menggunakan Elektronik: Hindari Terpapar Radiasi Berlebih!

Bijak Menggunakan Elektronik: Hindari Terpapar Radiasi Berlebih! – Tahukah kamu bahwa hampir semua barang elektronik memancarkan radiasi. Dan radiasi yang berlebihan tentu tidak akan memberikan dampak baik bagi tubuh kita. Oleh karena itu kita harus bijak dalam menggunakan elektronik yang kita miliki. Adapun barang elektronik yang dekat dengan kehidupan kita dan sering bersinggungan dengan kita adalah handphone dan laptop.radiasi

Banyak juga ternyata radiasi yang dihasilkan oleh kedua barang elektronik tersebut, diantaranya Sinar X, Sinar Ultraviolet, wifi, radiasi elektromagnetik frekuensi rendah, gelombang mikro, radiasi yang ditimbulkan oleh microchip dan hardisk.

Dampak bila tubuh sering terpapar radiasi adalah: mata menjadi lebih mudah lelah, menurunnya hormon melatonin yang membuat tubuh menjadi cepat lelah, pusing, sakit kepala dan bahkan sampai insomnia, pupil menjadi lamban merespon adanya cahaya.

Sedangkan dampak jangka panjangnya adalah: katarak, ternyata katarak tidak hanya menyerang para lansia, namun juga bisa menyerang mata yang sering terkena sinar ultraviolet. Dermatitis pada wajah, yaitu timbulnya kemerahan pada kulit di sekitar wajah, inilah yang disebut iritasi pada wajah. Mengurangi tingkat kesuburan baik pada pria maupun wanita.

Lalu bagaimana menggunakan laptop dan handphone yang sehat?

  1. Penggunaan laptop yang sudah menjadi kebutuhan hampir sebagian kalangan membuat kita harus bijaksana dalam penggunaannya. Diantara cara agar tetap sehat dengan bekerja di depan laptop adalah hindari meletakan laptop di atas paha anda. Selain panas yang keluar dari benda elektronik yang satu ini bisa membuat iritasi kulit, radiasi yang dikeluarkan oleh laptop bisa mengurangi kesuburan dan merusak mata karena jarak yang terlalu dekat. Atur pencahayaan pada laptop anda dan sering-seringlah berkedip agar mata anda tidak kekeringan karena terlalu lama menatap layar monitor. Hindari penggunaan laptop yang sedang di-charge karena radiasi yang dipancarkan lebih tinggi dengan bantuan listrik yang mengalir.
  2. Maraknya dunia sosial media membuat orang banyak yang berpindah dunia dari dunia nyata ke dunia maya. Hp yang dahulu hanya digunakan untuk menelpon dan mengirim pesan lewat sms, kini cukup dengan barang seukuran tangan kita ini, anda bisa melakukan banyak aktivitas; berselancar di dunia internet, chatting dengan teman, ber-selfie ria, melakukan aktivitas kantor seperti mempersiapkan presentasi dan melakukan video conference bersama kolega bisnis dan lain sebagainya. Penggunaan hp yang terlalu sering tidak baik bagi kesehatan mengingat pancaran radiasinya yang berbahaya. salah satu tindakan bijak menggunakan hp adalah menjauhi hp dari tubuh ketika sedang tidur. Hindari pula terlalu lama menggunakan wi-fi, atau koneksi jaringan ke internet. Meletakan hp di dalam saku celana pun bukan tindakan yang baik karena semua barang elektronik akan memancarkan radiasi dengan radius yang berbeda, dan bila kita tidak menjaga jarak dengan barang-barang tersebut, kemungkinan tubuh terpapar radiasi semakin besar. Maka sebaiknya simpanlah handphone anda di dalam tas.

Jangan sepelekan persoalan radiasi pada barang elektronik anda. Walaupun dampaknya tidak langsung terlihat pada tubuh, namun pada jangka waktu lama radiasi dapat membuat anda menyesal karena mengakibatkan banyak penyakit diantaranya tumor otak, kanker kulit, kanker tulang.

Jadi ingatlah selalu pada pepatah yang menyebutkan lebih baik mencegah dari pada mengobati. Jaga kesehatan tubuh anda dengan bijak memperlakukan barang-barang elektronik yang anda miliki. Semoga bermanfaat.

Baca juga: Benarkah Minuman Bersoda Sebabkan Gagal Ginjal ?

Loading…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *