Binatang Yang Pernah Terbang Keluar Angkasa

Apakah anda pernah membayangkan bahwa hewan yang kita anggap sepele,  ternyata pernah terbang keluar angkasa? Mari kita lihat apa saja hewan tersebut…..

1. Tikus

q 110

Tikus yang kita anggap sebagai hewan yang menjijikan, rupanya sangat hebat. Terbukti dengan banyaknya jenis tikus yang telah diluncurkan keluar angkasa. Dari hamster, tikus rumahan, dan marmut.

31 Agustus 1950, Amerika meluncurkan roket V-2 dengan tikus sebagai bahan uji coba, tapi pada pengembaliannya ke bumi terdapat bug dalam sistem parasut. Akibatnya, tikus ini mati dalam benturan.

Hingga pada tahun 1961, Perancis meluncurkan tikus yang diberi nama Hector. Tikus hebat ini berhasil terbang dengan ketinggian 149 Km dari permukaan bumi dan kembali dengan selamat ke  bumi.Hebatbukan?

2. Kucing

q 111

Kucing yang berkeliaran di sekitar rumah juga sama hebatnya dengan tikus. Terbukt ipada 18 Oktober 1963, pertama kalinya di dunia, Perancis mengeksekusi pengiriman kucing  bernama Felix keluar angkasa.

Felix adalah kucing dari jalanan di Perancis, dia memiliki corak warna putih hitam. Sumber terpercaya menuturkan bahwa sebenarnya kucing yang diterbangkan keluar angkasa sebenarnya bernama Felicette.

Seekor kucing betina, kucing ini berhasil keluar angkasa dan mendarat kembali ke bumi menggunakan parasut sesudah kembali dari luar angkasa. Kucing betina yang benar-benar diidolakan oleh kucing jantan.

3. Ikan

q 112

Ikan yang biasa kita santap atau dipelihara rupanya juga  pernah terbang keluar angkasa. Kabarnya ikan yang terbang ini merupakan jenis Mummichog.Mereka menggunakan spesies ini karena spesies ini mampu bertahan   pada kondisi Xtreme.

Pada tahun 1973, ikan ini diluncurkan dengan menggunakan pesawat bernama Skylab 3. Tujuan peluncuran ini, selain untuk mengetahui apakah manusia dapat bertahan hidup, hal ini juga untuk meneliti lebih lanjut mengenai pengaruh gaya gravitasi terhadap ikan di dalam air luar angkasa dan organ-organ mereka.

Hal yang sama juga dilakukan pada tahun 2012.  Japanese HTV-3 mengeksekusiikan yang berada di dalam akuarium, ikan ini memiliki nama ikan medaka. Ikan medaka ini memiliki kulit yang transparan, sehingga para peneliti bisa dengan mudah meneliti organ ikan-ikan ini saat diterbangkan keluar angkasa.

Hal yang mengejutkan ternyata ikan tersebut ikut terpengaruhi oleh gravitasi, sehingga ikan medaka ini berenang dalam gerakan memutar bukan dalam gerakan lurus.

4. Lebah

q 113

Penghasilmaduinijugapernahterbangkeluarangkasa yang luas.Di tahun 1984, James Van Hoften,seorangastronotpergikeluarangkasabersama 3000 ekorlebah.Apatujuannya? Tujuannyaadalahuntukmengetahuibagaimanalebahmembuatsarang di luarangkasapadagravitasi 0.Eksperimeninijugamembandingkanukuran, bentuk, isi, dantebaldarisaranglebah yang di buatolehlebah yang berada di bumi.

Baca Artikel Lainnya :

Ternyata di gravitasi 0 pada luar angksa tidak mempengaruhi lebah sama sekali dalam membentuk sarang mereka di luar angkasa. Selama 7 hari dari proses penelitian lebah ini sukses membuat sarangnya sama persis seperti saat mereka berada di bumi. Benar-benar hebat !

 

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *