Biografi Aktor Laga Jackie Chan

Biografi Aktor Laga Jackie Chan – Pemilik nama Chan Kong-sang ini lahir pada tanggal 7 April 1954. Chan Kong-sang biasa dikenal dengan nama Jackie Chan. Jackie Chan memiliki nama panggilan Pao Pao.jackie

Jackie Chan merupakan seorang actor film laga yang pandai bela diri (martial art) juga seorang director film, produser, seorang pemeran pengganti serta penyanyi. Di dalam filmnya, Jackie Chan dikenal karena gaya bertarung akrobatiknya, komedi, penggunaan alat-alat yang dikembangkan dan innovative dan Jackie Chan tipe yang melakukan pertunjukannya sendiri. Jackie Chan telah berlatih dalam Kung fu dan Wing Chun. Jackie Chan telah berakting sejak 1960an dan telah tampil di lebih dari 150 film.

Jackie Chan telah mendapatkan pengakuan internasional pada Hong Kong Avenue of Stars dan juga Hollywood Walk of Fame. Sebagai seorang ikon kebudayaan, Jackie Chan telah terlibat dalam berbagai lagu pop, kartun dan video game. Sebagai vokalis yagn dilatih, Jackie Chan juga seorang bintang Cantopop dan Mandopop, telah merilis beberapa album dan menyanyikan beberapa lagu tema film yang dia bintangi. Jackie Chan juga seorang yang dikenal dermawan.


Ketika ayahnya harus pindah ke Australia karena pekerjaannya, Jackie Chan dikirim ke sekolah drama China ‘Peking Opera School’ yang di bawah asuhan master Yu Jim-yuen. Dari sini lah Jackie Chan dilatih seni bela diri dan akrobatik. Setelah masuk ke industri film, Jackie Chan dan temannya Sammo Hung mendapatkan kesempatan untuk berlatih Hapkido bersama master Jin Pal Kim dan Jackie Chan mendapatkan black belt, Jackie Chan juga berlatih di berbagai gaya seni bela diri seperti Karate, Judo, Taekwondo dan Jeet Kune Do.

Jackie Chan memulai karirnya dengan tampil di dalam peran kecil ketika berumur 5 tahun, begitu seterusnya hingga di tahun 1971 setelah tampil di film Kun fu ‘ A Touch of Zen’, Jackie Chan menandatangani kontrak dengan perusahaan film Chu Mu’s Great Earth. Ketika berumur 17 tahun, Jackie Chan menjadi pemeran pengganti dalam film Fist of Fury dan Enter the Dragon yang dibintangi Bruce Lee.

Pada tahun 1976, Jackie Chan pergi ke orang tuanya di Australia dimana Jackie Chan masuk ke Dickson College dan bekerja sebagai seorang pekerja konstruksi. Rekan kerjanya bernama Jack membawa Chan dengannya dan kemudian Chan mendapatkan panggilan Little Jack dan kemudian disingkat menjadi Jackie sejak itulah namanya sampai sekarang dikenal dengan Jackie Chan. Di akhir tahun 1990an, Jackie Chan mengubah nama cinanya menjadi Fong Si-lung sejak nama depan asli ayahnya adalah Fong.

Film Hollywood pertama Jackie Chan adalah The Big Brawl di tahun 1980 dan The Cannonball Run di tahun 1981. Jackie Chan meraih kesuksesan di Hong Kong akibat banyak film yang dibintanginya yang masuk Box office. Kemudian Jackie Chan membuat beberapa film laga komedi bersama teman sekolahnya dulu dan berkolaborasi dalam Project A dan memenangkan Best Action Design Award di Hong Kong Film Awards. Pada tahun 1987, Jackie Chan bermain sebuah karakter ‘Asian Hawk’ dalam film Armour of God, film ini menjadi film domestiknya tersukses mencapai box office.

Film laga komedi Jackie Chan bersma Chris Tucker di tahun 1998 ‘Rush Hour’ mendapat keuntungan 130 juta dolar di Amerika serikat sendiri. Dengan film ini membuatnya menjadi bintang Hollywood. Bahkan sequelnya Rush Hour 2 di tahun 2001 menjadi jauh lebih sukses dari sebelumnya. Setelah tahun 2003, Jackie Chan membuat perusahaan produksi filmnya sendiri JCE Movie Limited yang berasosiasi dengan Emperor Multimedia Group. Dengan ini Jackie Chan juga berhasil membuat berbagai film dengan banyak adegan drama dan filmnya cukup sukses.

Pada tahun 2012 di Cannes Film Festival Jackie Chan mengumumkan bahwa ia akan mengurangi adegan action dalam filmnya karna dia sudah cukup tua. Jackie Chan mendapatkan gelar doctor dari program ilmu social di Hong Kong Baptist University. Pada tahun 2009, Jackie Chan mendapatkan gelar doctor kehormatan dari University of Cambodia dan juga gelar professor kehormatan oleh Savannah College of Art and Design di Hong Kong pada tahun 2008.

Jackie Chan mengajar di fakultas School of Hotel and Tourism Management di Hong Kong Polytechnic University dan pada tahun 2015 ini Jackie Chan menjadi dekan dari Jackie Chan Film and Television Academy di bawah Wuhan Institute of Design and Science. Jackie Chan menguasai bahasa Cantonese, Mandarin, Inggris, bahkan American Sign Language dan juga berbicara beberapa bahasa lainnya seperti jerman, Korea, Jepang, Spanyol dan Thailand.

Baca juga : Deddy Mizwar Aktor dan Direktur Film Indonesia

Loading…

One thought on “Biografi Aktor Laga Jackie Chan

  1. Pingback: Tom Cruise, Aktor Asal Amerika | Joko Warino Blog

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *