Biografi Bob Marley, Seniman Musik Reggae

bob1Biografi Bob Marley, Seniman Musik Reggae – Bob Marley merupakan seorang penyanyi dengan aliran music Reggae asal Jamaica. Selain sebagai penyanyi Reggae, Bob Marley juga seorang pencipta lagu, musisi dan gitaris yang mendapatkan kepopularan secara di dunia. Bob Marley lahir di sebuah daerah pertanian tempat kakeknya di Jamaica pada tanggal 6 Februari 1945.

Bob Marley mengenyam sekolah dasar dan sekolah menengah pertama di Stepney Primary dan Junior High Shool yang berada di area Saint Ann di tahun 1955.

Karir bermusiknya dimulai di tahun 1963 bersama sebuah kelompok music The Wailers, Bob Marley menempa seorang penulis tersendiri dan gaya bernyanyi yang kemudian akan bergema dengan penonton di seluruh dunia. The Wailers tadinya akan mengeluarkan beberapa rekaman-rekaman reggae diawalnya bersama dengan produser Lee Scratch Perry.

Setelah The Wailers bubar di tahun 1974, Bob Marley meneruskan bersolo karir dan mencapai puncak dalam peluncuran album Exodus di tahun 1977, yang membangun reputasinya menjadi dikenal dunia dan membuat statusnya sebagai satu dari daftar artis dengan penjualan terbaik sepanjang masa di dunia dengan penjualan album lebih dari 75 juta copi. Bob Marley kemudian masuk atau menjalankan Rastafari yang memasukkan musiknya dengan rasa spiritual.

Di bulan Juli 1977, Bob Marley ditemukan mempunyai sebuah tipe Malignant melanoma di bawah kuku jempol kakinya. Bertolak dengan legenda urban, luka ini tidak disebabkan oleh luka ketika pertandingan sepak bola tahun itu, tetapi sebuah tanda atau gejala adanya kanker. Bob Marley menolak nasehat dokternya untuk mengamputasi jempolnya.

Meskipun Bob Marley menderita sakit, Bob Marley melanjutkan melakukan pertunjukkan dan berada dalam proses penjadwalan konser dunianya di tahun 1980. Albumnya Uprising diluncurkan pada bulan Mei 1980, Bob Marley dan kelompok musiknya berhasil menyelesaikan tur konser utamanya di Eropa dimana dilakukan konser terbesar mencapai penonton 100.000 orang di Milan.

Setelah menjalani tur konsernya, Bob Marley pergi ke Amerika dimana Bob Marley mempertunjukkan dua acara di Madison Square Garden di kota New York sebagai bagian dari tur albumnya Uprising.

Bob Marley muncl di Benedum Center untuk pertunjukkan seni di Pittsburgh, Pennsylvania pada 23 September 1980. Ini menjadi konser terakhirnya. Foto-foto yang hanya diketahui dari pertunjukkan ditunjukkan dalam film documenter berjudul Marley yang dibuat Kevin Macdonald.

Tidak lama setelah konser tersebut, kesehatan Bob Marley menurun karena kanker telah menyebar di seluruh tubuhnya. Tur konser yang tersisa dibatalkan dan Bob Marley mendapatkan perawatan di klinik Bavarian Josef Issels dimana Bob Marley menerima sebuah tipe terapi kanker yang controversial (Issels treatment) khususnya didasarkan pada menghindari makanan, minuman dan bahan-bahan tertentu. Setelah berjuang melawan kanker tanpa kesuksesan selama delapan bulan Bob Marley pergi naik sebuah pesawat untuk ke rumahnya di Jamaica.

Ketika Bob Marley terbang menuju rumah dari Jerman ke Jamaica, keadaannya memburuk. Setelah mendarat di Miami, Florida, Bob Marley dibawa ke rumah sakit untuk pengecekan kesehatan darurat. Bob Marley meninggal pada tanggal 11 Mei 1981 di University of Miami Hospital ketika berumur 36 tahun.

Penyebab kematiannya adalah penyebaran melanoma ke paru-paru dan oraknya. Kata-kata terakhirnya untuk anaknya Ziggy ‘uang tidak bisa membeli kehidupan’. Selam hidupnya baik ketika bersama Band maupun sendiri, Bob Marley telah meluncurkan 15 album. Selain itu, Bob Marley banyak mendapatkan penghargaan dan penghargaan terbaru pada tahun 2010, Catch a Fire masuk ke dalam Grammy Hall of Fame (Album Reggae).

Baca juga : Mengenang Seniman Betawi Benyamin S

Loading…

One thought on “Biografi Bob Marley, Seniman Musik Reggae

  1. Pingback: Michael Jackson, Seorang Seniman Musik | Joko Warino Blog

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *