Biografi Friedhelm Hillebrand, Sang Penemu SMS

Biografi Friedhelm Hillebrand, Sang Penemu SMS – Ketika Anda ingin mengabari teman, sebagian dari Anda menggunakan SMS sebagai salah satu medianya. Friedhelm Hillebrand merupakan penemu dari Short Message Service.

Untitled

Baca Juga :

Pria kelahiran Warstein, Jerman pada tahun 1940 mendapatkan gelar Master of Science dari Technical University of Aachen di bidang Teknologi Komunikasi pada tahun 1968. Friedhelm bergabung di ULM dengan Lembaga Penelitian AEG Telefunken dan bekerja dengan konsep atau sistem switching elektronik.

1970, Friedhelm, bergantung di sebuah perusahaan telekomunikasi nasional yang bernama Deutsche Bundespost. Dimulai dari tahun 1976, ia diberi tugas untuk bertanggung jawab terhadap pengembangan suatu konsep paket X.25 switching yang berfungsi untuk jaringan DATEX-P yang dimulai dari konsep pertama hingga akhir tahun pertama pada 1981. Setelah itu, Friedhelm menjabat sebagai seorang manajer proyek pointed untuk sistem komunikasi yang bergerak ke generasi berikutnya pada musim semi pada tahun 1983.

Mulai dari November 1984, Friedhelm Hillebrand berpartisipasi di dalam sebuah pleno GSM dan ia memberikan kontribusi di bidang telekomunikasi pada bidang jasa desain, metode kerja managemen dan juga roaming internasional. Pada periode 1987-1988, Friedhelm menjadi ketua pendiri GSM data kelompok yang kemudian disebut dengan WP4.

Dimulai sejak pertengahan tahu 1987, Friedhelm dipercaya untuk bertanggung jawab dari Deutsche Bundespost atas kontribusi GSM, dan pelaksana jaringan D1 GSM yang ada di Jerman dan bekerja sama dengan operator GSM.

Friedhelm juga dipercaya untuk menjadi penanggung jawab atas sistem D1 dan juga jaringan serta hal yang mendukung sistem TI hingga pada akhir tahun 1992. 1984, konsep SMS pertama kali dikerjakan dan dikembangkan Friedhelm yang bekerja sama dengan peneliti seluler Perancis yang bernama Bernard Gilebaert.

1992, SMS pertama kali dilakukan oleh Neil Papworth kepada Richard Jarvis yang merupakan salah satu pengawal dari perusahaan Vodafone. Akan tetapi, karena ponsel tidak dilengkapi dengan keyboard sebagai alat untuk memasukkan data atau input data, Papworth akhirnya menggetikkan pesan pada PC. Pesan pertama yang menjadi sejarah yang dikirimkan oleh Papworth adalah “Marry Christmas”.

Namun, ponsel GSM yang merupakan ponsel versi awal, tidak dapat dipergunakan untuk mengirim SMS dan pada saat itu, SMS hanya dipergunakan untuk mengirimkan peringatan ke pengguna ponsel dari operator. 1993, Nokia menjadi ponsel yang pertama kali dilengkapi kemampuan untuk mengirimkan SMS.

Walaupun SMS tidak langsung direspons atau ditanggapi secara positif oleh pengguna HP, namun seiring dengan perkembangan waktu dan jaman, konsep tersebut makin berkembang dengan pesat hingga sekarang.

Di waktu awal pertama kali penggunaan, rata-rata pengguna telepon GSM hanya berkirim pesan sebanyak 0,4 SMS per bulannya karena pada saat itu, kemampuan ponsel atau fasilitas dari ponsel untuk mengirimkan SMS masih terbatas. Perkembangan mengejutkan dari SMS yang dikembangkan pertama kali oleh Friedhelm Hillebrand adalah di tahun 2000 karena mengirimkan 35 SMS per bulan dengan menggunakan telepon seluler GSM.

2006, keuntungan dari bisnis SMS yang diraih oleh operator GSM yang ada di seluruh dunia dapat mencapai $60 milyar dengan harga rata-rata dari pengiriman sms sebesar $0,11.

Batasan 160 karakter diperoleh Friedhelm dari juru ketik yang mengetik kata yang diucapkan oleh Friedhelm. Ide 160 karakter dicetuskan bersama dengan Bernard Ghillebaert dan semakin berkembang sehingga menjadi standar jumlah karakter SMS.

Walaupun tidak mendapatkan royalti dari ide 160 karakter tersebut, namun mampu menginspirasi Jack Dorsey yang menciptakan Twitter membuat atau menggunakan batasan 140 karakter.

Loading...

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *