Biografi Musisi Indonesia Rinto Harahap

Biografi Musisi Indonesia Rinto Harahap-Seorang musisi Indonesia ini lahir pada tanggal 10 Maret 1949 di Tapanuli, Sumatera Utara. Rinto Harahap diakui sebagai seniman music di Indonesia karena kemampuannya dalam menyanyi, menciptakan lagu bahkan menjadi produser music.rinto ha

Rinto Harahap meninggal saat beru
mur 65 tahun. Pada tahun 1969, The Mercy’s dibentuk yang beranggotakan lima orang yaitu Rinto Harahap, Erwin Harahap (kakaknya), Reynold Panggabean, Iskandar dan Rizal Arsyad kemudian ditambah Charles Hutagalung dan Albert Sumlang yang mengisi kekosongan akibat keluarnya Iskandar dan Rizal Irsyad.

The Mercy’s mendapatkan kejayaan pada tahun 1970an dengan menghasilkan banyak sekali karya yang terkenal ketika masa itu. Pada era tahun 1970 hingga 1980an Rinto Harahap memiliki perusahaan rekaman yang diberi nama Lolypop. Karena lagu-lagu ciptaannya banyak sekali penyanyi Indonesia, seperti Nia Daniati, Christine Panjaitan, Betharia Sonata, Eddy Silitonga dan Iis Sugianto.

The Mercy’s membuat keputusan mengenai pola musiknya dengan mengubah pola bermusik, menambah anggota baru serta menambahkan alat-alat music baru. Keputusan menambah anggota yang mampu bermain saxophone membuat music grup ini menjadi lebih berwarna. Karena perubahan baru inilah kemudian grup ini dapat melakukan rekaman album pertama.

Dengan kolaborasi dari dua perusahaan rekaman ini (Remaco dan Purnama) sebagai produsernya sehingga mampu meluncurkan album pertama The Mercy’s. terdapat lagu ciptaan Charles H hidupku sunyi, tiada lagi, Untuk mu, di pantai, Untukku, bebaskanlah dan Baju baru. Lagu Rinto Harahap seperti love dan women serta lagu Albert Sumlang Kisah seorang pramugaria dan kurela dikau kasih oleh Reynol P. album ini mampu membuat mereka dikenal di blantika music Indonesia dengan lagu hits mereka Tiada lagi.

The Mercy’s dapat membuat rekor penjualan music saat itu piringan hitam maupun dalam bentuk kaset lebih banyak dibandingkan band lainnya Panbers dan Keos Plus. Pemecahan rekor ini dikarenakan lima lagu The Mercy’s mampu mengungguli di tangga lagu beberapa radio di Jakarta dan juga seluruh Indonesia.

Berkat kesuksesan album pertama mereka ini. The Mercy’s mendapatkan Golden Record dan juga piringan emas karena berhasil menjual lebih dari satu juta keeping albumnya. Saat itu The Mercy’s dapat disejajarkan dengan seniornya Koes plus, panbers, dan juga Favorite’s.

Pada tahun 1978, The Mercy’s melakukan rekaman mereka yang terakhir kalinya. Album mimpi ini merupakan album terakhir bagi mereka. Setelah perilisan album ini. grup band ini vakum dari industry rekaman Indonesia dan akhirnya berakhir dengan bubarnya The Mercy’s. tercatat bahwa grup band ini berhasil merekam 40 album. Dengan bubarnya The Mercy’s, Rinto Harahap dan kakaknya banyak mengorbitkan artis-artis lainnya dan artis-artis orbitannya menjadi sukses.

Lagu Rinto Harahap dikenal dengan syair lagu yang melankolik, sendu dan sentimental. Dengan didukung penyanyi-penyanyi berbakat yang menyanyikan lagunya menjadikan lagu-lagunya terkenal dan disukaii masyarakat.

Baca Juga : Penyanyi dan Pencipta Lagu Ternama Ebiet G. Ade

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *