Biografi Pelukis Lukisan Terkenal ‘Mona Lisa’

Riwayat Pelukis Lukisan Terkenal ‘Mona Lisa’ – Leonardo di ser Piero da Vinci atau lebih dikenal dengan nama Leonardo da Vinci. Leonardo da Vinci lahir pada tanggal 15 April 1452 di bukit Tuscan kota Vinci, Republik Florensia.

davinciLeonardo da Vinci merupakan seorang berkebangsaan Italia yang berkutat dan tertarik di bidang seni lukis, arsitektur, penemuan, ilmu pengetahuan, music, matematika, sastra, seni pahat, teknik, anatomi, astronomi, geologi, menulis, sejarah, botani dan jufa kartografi.

Leonardo da Vinci sendiri banyak mendapatkan julukan karena ketertarikannya pada berbagai macam bidang. Ada yang menyebutkan Leonardo da Vinci sebagai bapak dari paleologi, arsitektur dan ichnologi serta yang paling dikenal di seluruh dunia adalah Leonardo da Vinci menjadi salah satu dari pelukis yang paling hebat sepanjang masa.

Kadang – kadang Leonardo da Vinci juga dikaitkan dengan penemuan parasut, helicopter dan tang. Kejeniusan Leonardo da Vinci menjadi contoh manusia ideal di era Renaissance.

Leonardo da Vinci anak di luar pernikahan resmi dari keluarga kaya Messer Piero Fruodino di Antonio da Vinci yang seorang notaris hukum dengan Caterina yang seorang petani. Leonardo da Vinci tidak memiliki nama keluarga di dunia modern ‘da Vinci’ diartikan secara sederhana menjadi ‘from Vinci’ atau dalam bahasa Indonesia dari Vinci.

Nama lahirnya Leonardo da Vinci adalah Leonardo di ser Piero da Vinci yang berarti Leonardo (anak laki-laki) di (of) ser Piero da (from) Vinci.

Penggunaan ser pada namanya sendiri menandakan bahwa ayah Leonardo da Vinci merupakan seorang yang lembut. Banyak sejarahwan dan orang – orang berpendidikan yang menganggap Leonardo da Vinci sebagai contoh utama dari tokoh – tokoh Renaissance, yang merupakan seseorang dengan keingin tahuan yang tak dapat dihilangkan dan imajinasi dengan daya cipta yang segera.

Menurut sejarahwan seni bernama Helen Gaedner, jangkauan dan kedalaman dari ketertarikan tanpa ada yang mendahului di dalam catatan sejarah dan pikiran dan personalitinya menurut kita seperti manusia yang luar biasa. Pandangannya terhadap dunia lebih ke logika dibandingkan misterius.

Leonardo da Vinci belajar di dalam studio pelukis Florentina bernama Andrea del Verrocchio. Kebanyakan kehidupan Leonardo da Vinci setelah bekerja dihabiskan bekerja di Ludovico il Moro di Milan, kemudian Leonardo da Vinci bekerja di Roma, Bologna dan Venice selanjutnya Leonardo da Vinci menghabiskan sisa waktunya di Perancis, di rumah yang diberikan oleh Francis I kepada Leonardo da Vinci. Leonardo da Vinci merupakan seorang pelukis yang termahsyur.

Di antara karya – karya Leonardo da Vinci, lukisan Mona Lisa merupakan lukisan yang paling terkenal dan paling banyak diparodikan dengan tokoh. Leonardo da Vinci menggambar Virtruvian Man juga dianggap sebagai ikon budaya, yang dibuat pada benda – benda yang bervariasi seperti koin euro, buku pelajaran dan kaos. Kemungkinan 15 dari lukisannya telah bertahan.

Bagaimanapun, karyanya tersebut bersama dengan buku catatan Leonardo da Vinci yang berisi gambar, diagram pengetahuan dan pemikirannya pada alam lukisan menyusun sebuah kontribusi untuk generasi seniman berikutnya. Leonardo da Vinci meninggal pada tanggal 2 Mei 1519.

Baca juga :

Loading…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *