Biografi Pemain Sepak Bola, Diego Maradona

Biografi Pemain Sepak Bola, Diego Maradona – Pemain sepak bola ini memiliki nama lengkap Diego Armando Maradona Franco. Diego Maradona lahir di provinsi Buenos Aires, Argentina pada tanggal 30 Oktober 1960. Diego Maradona merupakan mantan atlet sepak bola professional asal Argentina.maradona2

Diego Maradona pernah menjadi manager dan juga pelatih di klub – klub sepak bola dan juga tim nasional Argentina. Banyak pakar sepak bola, kritikus sepak bola, mantan pemain sepak bola, pemain sepak bola yang masih aktif dan penggemar sepak bola menganggap Diego Maradona sebagai pemain sepak bola terhebat sepanjang masa. Diego Maradona bergabung dengan FIFA Player of 20th Century bersama Pele.

Seorang pembuat permainan di lapangan yang mengoperasikan posisi nomor klasik 10. Diego Maradona satu – satunya pemain sepak bola di dalam sejarah sepak bola yang mencetak dua kali rekor dunia harga transfer, pertama Diego Maradona ditransfer ke Barcelona pada saat itu dengan harga termahal dan yang ke dua ketika Diego Maradona ditransfer ke Napoli dengan hafrga yang lebih tinggi lagi.

Diego Maradona pernah bermain untuk Argentinos Juniors, Boca Juniors, Barcelona, Napoli Sevilla dan juga Newell’s Old Boys selama karir di klub. Dari semua klub tersebut, yang paling membuatnya dikenal bayak orang ketika bermain untuk Napoli dimana Diego Maradona memenangkan banyak sekali penghargaan. Sedangkan karir internasionalnya dengan Argentina, Diego Maradona menghasilkan 91 piala dan mencetak 34 gol.

Visi yang luar biasa, oper bola, control bola, kemampuan dalam menggiring bola, respon yang baik dan waktu berfikir yang cepat yang dikombinasi dengan ukuran tubuh Diego Maradona yang kecil memberikannya pusat gravitasi yang rendah yang memperbolehkannya untuk lebih aktif bergerak dari kebanyakan pemain sepak bola lainnya;

Diego Maradona sering sekali menggiring bola dan melewati banyak pemain lawan saat itu. Kehadirannya pada lapangan akan memberikan pengaruh yang besar pada penampilan timnya secara umum, ketika Diego Maradona sering dibuat sendiri oleh lawan main. Sebuah kemampuan yang matang, Diego Maradona diberi julukan El Pibe de Oro atau the golden boy (anak emas), sebuah nama yang menempel padangan sepanjang karir sepak bolanya.

Diego Maradona bermain di empat kali piala dunia FIFA, termasuk piala dunia tahun 1986 di Mexico dimana Diego Maradona menjadi kapten tim nasional Argentina dan memimpin mereka memenangkan pertandingan di final melawan Jerman dan Diego Maradona memenangkan Golden Ball sebagai pemain terbaik di pertandingan saat itu. Pada babak semifinal piala dunia tahun 1986, Diego Maradona mencetak dua gol sengan skor 2-1 kemenangan Argentina dari Inggris yang memasuki sejarah sepak bola untuk dua alasan.

Gol pertama tidak dianggap karena foul yang dikenal dengan Hand of God ketika gol ke dua mengikuti dengan menggiring bola melewati 5 pemain inggris dengan jarak 60 m, dipilih sebagai The Goal of Century oleh FIFA.com yang votingnya dilakukan tahun 2002.

Diego Maradona menjadi pelatih tim Argentina di bulan November 2008. Diego Maradona bertanggung jawab pada tim untuk piala dunia FIFA 2010 di Afrika Selatan sebelum meninggalkan pada akhir pertandingan. Diego Maradona melatih klub yang bertempat di Dubai Al Wasl di UAE Pro-League untuk musim 2011-2012. Di bulan Agustus 2013, Diego Maradona bergabung dengan Argentina klub Primera D staff Deportivo Riesta sebagai spiritual coach.

Baca juga : Pemain Sepak Bola Terbaik Portugal, Cristiano Ronaldo

Loading…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *