Biografi Penemu Gelombang Frekuensi Herzt – Heinrich Rudolf Hertz

Biografi Penemu Gelombang Frekuensi Herzt – Heinrich Rudolf Hertz – Heinrich rudolf hertz ialah seorang ilmuan fisikawan dalam fokus penemu gelombang frekuensi herzt. Nama gelombang inipun diambil dari namanya sebagai seorang yang telah menemukannya.

1

Penemu yang lahir di Hamburg Jerman ini memiliki ayah bernama Gustav ferdinand hertz dan ibu yang bernama Anna elisabeth pfefferkorn. Bahwasannya, Heinrich ini memiliki kecerdasan yang lebih dari ragam ilmu yang telah dipelajarinya. Bahkan dari rasa tekun itu menghasilkan penemuan yang ditemukannya dengan upaya yang tak sedikit.

Baca Juga :

Jenjang pembelajaran sekaligus pendidikan yang dimiliki oleh Heinrich ini tak hanya satu dua fokus saja, melainkan beberapa materi yang dipelajari sedetail mungkin dan mendapatkan ilmu tersebut. Selain pada ilmu sains yang telah dikuasainya dengan kepandaian luar biasa itu, terdapat beberapa pendidikan yang pernah dipelajarinya ialah ilmu bahasa sansekerta dan bahasa arab. Pendidikan ini dibimbing oleh guru yang professional yakni Hermann von helmholtz dan Gustav R kirchhoff.

Sebagai seorang penemu dari gelombang frekuensi dengan satuan herzt atau dengan rumus kimia Hz ini telah mendapatkan gelar PhD di tahun 1880 dan terus melanjutkan pembelajarannya itu kepada sang guru hingga tahun 1883. Hingga pada dua tahun kemudian tepat di 1885 Heinrich menjadi seorang professor dengan tugas penelitian pada gelombang elektromagnet. Bahkan di saat itu pula Heinrich mulai tertarik dengan bidang meteorologi. Tepatnya disaat mengikuti perkuliahan praktek di Politeknik Munich.

Dalam pekerjaan ini berjalan dengan lancar-lancar saja dengan beberapa fokus penelitian jauh hari sebelum penemuan dari gelombang frekuensi itu. Beberapa penelitian tersebut dilakukan selama bekerja sebagai asisten dari Helmbotz di negara Berlin. Dalam kebersamaan ini Heinrich menghasilkan beberapa penelitian seperti:

  • Hasil berupa penjelasan suatu grafik dari keadaan di udara dengan keadaan adiabatik.
  • Jenis-jenis terbaru dari hygrometer.
  • Proses penguapan cairan.

Selain dalam penelitian tersebut Heinrich juga dikenal dengan keahliannya di bidang listrik dinamis. Hal ini juga didukung oleh pernyataan dari Maxwell di abad 19 yakni adanya gelombang elektromagnet itu. Akan tetapi, pernyataan itu belum dikuatkan berdasarkan bukti yang real.

Hal inilah yang menjadi salah satu penyebab dari tindakan Heinrich untuk mencoba dan mencari tahu bukti tentang keberadaan gelombang elektromagnet itu. Dalam percobaan ini dinyatakan bahwa Heinrich telah percaya pada pernyataan dari Maxwell bahwa adanya gelombang elektromagnetik itu termasuk sebuah kombinasi antara gelombang magnet dan listrik dengan gerak yang tegak lurus.

Dalam penelitian yang dilakukan oleh Heinrich atau yang terkenal dengan nama Hertz ini ditemukan adanya hasil real. Bahwa gelombang elektromagnetik ini bergerak melalui gelombang listrik yang diradiasikan oleh serangkaian pemancar.

Bahkan dari hasil tersebut menjadikan Hertz juga membuat sebuah rangkaian pemancar sederhana dengan bantuan dari trafo sebagai penguat tegangan serta kapasitor yang nantinya akan berperan sebagai penampung muatan. Penampung ini akan menyimpan pergeseran arus pada gas pemancar oleh gelombang elektromagnet tersebut.

Secara teori gelombang elektromagnetik ini merupakan bentuk lain dari sebuah percikan atas adanya gesekan dari gelombang listrik dan magnet secara tegak lurus. Hingga pada hasil akhirnya pada rangkaian loop penerima dengan bentuk lingkaran ini akan memberikan suatu sumber tegangan.

Peristiwa ini dimulai dari adanya percikan listrik di gap tersebut dan hal ini semakin memberikan bukti bahwa terdapat arus listrik yang mengalir ke suatu benda melalui radiasi oleh hantaran loop. Tak hanya itu saja, hasil frekuensinya juga sama yakni dalam frekuensi pemancar dengan yang dihasilkan.

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

3 thoughts on “Biografi Penemu Gelombang Frekuensi Herzt – Heinrich Rudolf Hertz

  1. Pingback: Mengenal Lebih Dekat Founder Perusahaan Pesawat Boeing, William E. Boeing | Joko Warino Blog

  2. Pingback: Sorang Penemu di Bidang Science, Stephen Hawking | Joko Warino Blog

  3. Pingback: Biografi Sang Penemu Email, Ray Tomlinson | Joko Warino Blog

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *