Biografi Petinju Dunia, Mike Tyson

Biografi Petinju Dunia, Mike Tyson – Memiliki nama lahir Michael Gerard “Mike” Tyson lahir pada tanggal 30 Juni 1966. Mike Tyson merupakan seorang mantan petinju professional Amerika. Mike Tyson merupakan mantan petinju ykelas berat dunia yang tidak perlu diragukan lagi kehebatannya.miketyson

Mike Tyson telah mencetak sebagai petinju trmuda yang memenangkan WBC, WBA dan IBF kelas berat saat berumur 20 tahun, 4 bulan dan 22 hari. Mike Tyson memenangkan 19 pertandingan pertamanya dengan KO, dua belas darinya dimenangkan di ronde pertama.

Mike Tyson memenangkan WBC di tahun 1986 setelah mengalahkan Trevor Berbick dengan KO di ronde ke dua. Di tahun 1987, Mike Tyson menambahkan kemenangannya di WBA dan IBF setelaa mengalahkan James Smith dan Tony Tucker. Ini membuatnya menjadi petinju kelas berat pertama yang memegang kemenangan WBA, WBC dan IBF secara simultan dan hanya kelas berat untuk menyatukannya secara sukses.

Pada tahun 1988, Mike Tyson menjadi pemenang langsung ketika Mike Tyson mengalahkan Michael Spinks dalam 91 detik. Mike Tyson mempertahankan kemenangannya Sembilan kali di kelas berat dunia secara sukses, termasuk kemenangan atas Larry Holmes dan Frank Bruno.

Pada tahun 1990, Mike Tyson tidak mampu mempertahankan kemenangannya oleh James ‘Buster’ Douglas dengan kekalahan Mike Tyson di ronde 10. Dalam usaha untuk merebut kembali gelarnya, Mike Tyson mengalahkan Donovan Ruddock dua kali di tahun 1991, tetapi direbut dalam pertandingan dengan petinju kelas berat yang juga tidak diragukan Evander Holyfield karena cidera.

Pada tahun 1992, Mike Tyson dipenjara karena pemerkosaan Desiree Washington dan dipidana enam tahun tetapi dibebaskan setelah tiga tahun. Setelah kebebasannya, Mike Tyson kembali bertanding. Di tahun 1996, Mike Tyson memenangkan gelar WBC dan WBA setelah mengalahkan Frank Bruno dan Bruce Seldon dengan KO.

Dengan mengalahkan Bruno, Mike Tyson bergabung dengan Muhammad Ali, Floyd Patterson, Tim Withersponn, George Foreman dan Evander Holyfield sebagai hanya seorang yang dalam sejarah tinju untuk meraih kembali kemenangan kelas berat setelah pernah kehilangannya. Setelah gelar WBC dilepas darinya, Mike Tyson kehilangan mahkota WBA terhadap Evander Holyfield di bulan November 1996 dengan KO di ronde ke tujuh. Pertandingan mereka kembali pada tahun 1997 berakhir dengan Mike Tyson didiskualifikasi karena menggigit telingan Holyfield.

Di tahun 2002, Mike Tyson bertarung untuk gelar kelas berat dunia di umur 35 tahun, kalah dengan KO oleh Lennox Lewis. Mike Tyson pensiun dari tinju professional di tahun 2006, setelah kalah berturut-turut melawan Danny Williams dan Kevin McBride.

Mike Tyson mengumumkan kebangkrutan di tahun 2003, meskipun telah menerima lebih dari 30 juta dolar dari beberapa pertandingannya dan 300 juta dolar selama karirnya. Mike Tyson dikenal dengan kegarangannya dan gaya tinju mengintimidasi seperti sikap kontroversialnya baik di dalam maupun di luar ring.

Julukan ‘the baddest man on the planet’ artinya pria terburuk di dunia,’Kid Dynamite’ dan ‘Iron Mike’. Mike Tyson dianggap sebagai satu dari yang terbaik di kelas berat sepanjang masa dan no 1 dalam kategori pemukul terkeras di sejarah kelas berat oleh ESPN.com. Mike Tyson telah dimasukkan ke dalam International Boxing Hall of Fame dan The World Boxing Hall of Fame.

Baca juga : Biografi Susi Susanti, Pemain Bulu Tangkis Putri

Loading…

2 thoughts on “Biografi Petinju Dunia, Mike Tyson

  1. Pingback: Pemain Bola Dunia, Zinedine Zidane | Joko Warino Blog

  2. Pingback: Pemain Sepak Bola Dunia, Lionel Messi | Joko Warino Blog

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *