Biografi Pilar Intel Corp, Gordon Moore

Biografi Pilar Intel Corp, Gordon Moore – Di setiap komputer, termasuk laptop, terdapat microchip atau processor yang berfungsi sebagai otak. Salah satu perusahaan terbesar yang memproduksinya adalah Intel Corp. Perusahaan tersebut didirikan oleh Gordon Moore dan Robert Noyce.

Untitled

Gordon Earle Moore atau yang lebih dikenal dengan Gordon Moore lahir di San Fancisco, California, AS pada tanggal 3 Januari 1929. Gordon mencetuskan hukum Moore (Moore’s Law), yang sangat terkenal di dunia mikroprosessor, yang menjelaskan tentang tingkat pertumbuhan kecepatan mikroprosesor. Gordon bergela B.S dari University of California, Bekeley (1950) dan Ph.D di Institusi Teknologi of California (1954) yang keduanya untuk bidang kimia.

Bekerja sebagai ahli kimia di Shockley Semiconductor tahun 1956 setelah 2 tahun bekerja di Laboratorium Fisika Terapan yang ada di John Hopkins. Salah satu teman kerjanya adalah Robert Noyce yang nantinya akan menjadi orang yang mendirikan Intel Corp.

Baca Artikel Lainnya ;

Gordon bergabung di devisi Shocckley Semiconductor Laboratory dengan lulusan Caltech Willian Shockley dari Bechman Instrumen namun meninggalkan perusahaan tersebut kemudian hari saat Sherman Fairchild setuju mendukung membentuk perusahan Fairchild Semiconductor dan Gordon dicap sebagai Delapan Pengkhianat.

Kepindahan tersebut dikarenakan ketika tahun 1956-1957 dan melakukan eksperimen transistor, para peneliti tersebut menderita di bawah kepemimpinan dari Shocklet dan akhirnya meminta bantuan ke Arthur Rock, bankir investasi di San Fransisco.

Arthur mengusahakan agar para peneliti berhubungan dengan Instrumental Corporation dan Fairchild Camerka untuk memulai devisi baru. 1957 saat Fairchild Semiconductor terbentuk di Mountain View, California atau di Lembah Silikon, Noyce dipilih sebagai manajer devisi dan Moore terpilih sebagai manager engineering.

Dari pemikiran Goordon tentang kemungkinan sirkuit transistor pada chip silikon maka menjadi dasar pembuatan mikrochip. Pertama kali didirikan (18 Juli 1968), Intel Corp bernama NM electronics yang merupakan singkatan dari Noyce Moore dengan Noyce sebagai presdir dan CEO, Gordon sebagai wakil predir eksekutif dan Rock sebagai Pimpinan Dewan direksi. Kantor pertama di ujung jalan dari Fairchild Semiconductor dan Unive. Stanford dan Andrew Grove merupakan salah satu dari karyawan yang direkrut.

Tahap awal, pemabrikan chip silon sangat rumit hingga awal tahun ketujuh dilakukan pengurangan 1 rancangan melalui fotografi dan mencetaknya ke keping silikon kecil. Tahun 1970an, Gordon Moore menciptakan mikroprosesor yang akan menjadi sangat berguna bagi manusia.

1969, perusahaan Jepang meminta Intel untuk dapat menciptakan chip yang memungkinkan kalkulator genggam untuk dapat menghitung hitungan rumit, dan Ted Hoff, insinyur Intel, bergagasan untuk menggunakan 4 chip yang berhubungan dengan 1 chip ditengahnya dan merancang metode untuk menempatkan CPU pada 1 chip tunggal sehingga akhirnya menjadi mikroprosesor Intel 4004. 1971, Chip yang berharga $200 mampu menyelesaikan 60.000 operasi dalam 1 detik.

Setelah chip 8086 diperkenalkan tahun 1978, pemasukan mencapai $400 juta dan mengubah Intel menjadi perusahaan raksasa. Pemasukan meningkat dari $4,2 (1970)-$661 (1979) dan menyebabkan saham meningkat 10.000% hingga tahun 1980 dengan harga penawaran asli $32,5/lembar. 1980an, Intel kesulitan untuk mempertahankan dominasi dan diselamatkan karena produk baru. Oktober 1985, mikroprosesor 386 diperkenalkan dan memakan biaya lebih dari $100 juta.

2001, Gordon Moore dan istri mendonasikan sekitar $600 milyar ke Caltech untuk mendukung Caltech agar tetap memimpin Ilmu pengetahuan dan teknologi. 2002, Gordon Moore mendapatkan Bower Award untuk Business Leadership. 2003, American Association for the Advancement of Science memilih Gordon sebagai Fellow. Bersama istri, Moore mendonasikan hartanya ke Gordon and Betty Moore Foundation. 2009, mendapatkan Adrew Caniege Medal of Philantropy.

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *