Biografi Sir Isaac Newton, Seorang Ilmuwan

newtonBiografi Sir Isaac Newton, Seorang Ilmuwan – Sir Isaac Newton lahir pada tanggal 25 Desember 1642. Sir Isaac Newton seorang berkebangsaan inggis.

Sir Isaac Newton juga merupakan seorang fisikawan dan matematikawan atau di zamannya Sir Isaac Newton disebut sebagai filosofer alam.

Sir Isaac Newton secara luas dikenal sebagai salah satu yang paling mempengaruhi ilmuwan sepanjang masa dan sebagai seorang tokoh kunci di dalam revolusi ilmu pengetahuan. Buku Sir Isaac Newton yang berjudul Philosophite Naturalis Principia Mathematica (prinsip-prinsip matematika dari filosofi alam).

Buku tersebut pertama kali diterbitkan pada tahun 1687, buku tersebut menempatkan dasar-dasar untuk mekanik klasik. Sir Isaac Newton membuat kontribusi optic yang kemungkinan berkembang di masa depan dan Sir Isaac Newton bersama dengan Gottfriend Leibniz untuk pengembangan ilmu kalkulus.

Principia milik Sir Isaac Newton memformulasikan hukum pergerakan dan gravitasi universal yang mendominasi pandangan keseluruhan ilmuwan fisika selama tiga abad berikutnya.

Dengan mendapatkan hukum Kepler dari pergerakan planet dari deskripsi matematikanya terhadap gravitasi dan kemudian menggunakan prinsip yang sama untuk menghitung lintasan komet, pasang surut air laut, pergantian siang dan malam dan kejadian alam lainnya, Sir Isaac Newton menyingkirkan keraguan terakhirnya mengenai validitas model heliosentrik dari sistem galaksi atau perputaran platen mengelilingi matahari.

Karya ini juga mendemonstrasikan bahwa pergerakan objek pada bumi dan benda-benda di luar angkasa dapat digambarkan dengan prinsip yang sama.

Sir Isaac Newton memperkirakan bahwa bumi seharusnya berbentuk seperti onlate spheroid yang kemudian dibersihkan oleh pengukuran Maupertius, La Condamine dan lain-lain yang membantu meyakinkan kebanyakan ilmuwan benua Eropa terhadap keunggulan mekanik Newtonian mengenai seluruh system Descartes sebelumnya.

Sir Isaac Newton membangun praktek pertama teleskop bayangan dan mengembangkan sebuah teori warna berdasarkan pada pengamatan bahwa prisma mengubah warna cahaya menjadi banyak warna dari spectrum yang terlihat.

Sir Isaac Newton memformulasikan hukum empiric atau sederhana dari dingin, mempelajari kecepatan suara dan memperkenalkan idea atau dugaan dari Newtonian fluid.

Ditambah lagi karyanya pada kalkulus, sebagai seorang matematikawan Sir Isaac Newton berkontribusi terhadap pelajaran seri kekuatan, sesuatu yang umum teori binomial menjadi eksponen-eksponen non integrasi, mengembangkan sebuah metode untuk perhitungan akar dari fungsi dan mengklasifikasikan banyak garis bidang kubik.

Sir Isaac Newton merupakan salah satu rekan dalam lembaga pendidikan Trinity College dan Lucasian Profesor Matematika ke dua di University of Cambridge. Sir Isaac Newton seorang Kristen ortodoks yang taat dan tidak biasa bagi seorang anggota dari University of Cambridge saat ini.

Sir Isaac Newton menolak untuk mengambil perintah suci di gereja Inggris, kemungkinan karena Sir Isaac Newton secara pribadi menolak doktrin Trinity. Di balik pekerjaannya di ilmu pengetahuan khususnya matematika, Sir Isaac Newton mendedikasikan banyak waktunya untuk belajar kronologi yang berkaitan dengan kitab injil dan alkimia, tetapi banyak karyanya berada di area tersebut tidak terpublikasikan sampai hari kematiannya. Setelah kematiannya, Sir Isaac Newton menjadi presiden dari Royal Society.

Sir Isaac Newton menjabat dalam pemerintahan inggris sebagai Warden dan Master Royal Mint. Sir Isaac Newton meninggal pada tanggal 20 Maret 1726.

Baca juga : Si Genius Fisika, Albert Einstein

Loading…

2 thoughts on “Biografi Sir Isaac Newton, Seorang Ilmuwan

  1. Pingback: Edward Howard Amstrong, Bapak Penemu Gelombang Radio FM | Joko Warino Blog

  2. Pingback: Ilmuwan ini Bernama John Vincent Atanasoff | Joko Warino Blog

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *