Bisnis Menguntungkan di Musim Penghujan

Bisnis Menguntungkan di Musim Penghujan – Musim penghujan telah datang menjadi berkah tersendiri bagi orang yang mampu melihat lahan bisnis. Usaha Loundri dan cuci motor / mobil tentu tak akan ada habisnya selama musim hujan. Hal ini lebih dikarenakan seseorang enggan mengenakan sesuatu yang kotor dan tidak sedap dipandang sebelah mata.

1. Jasa Cuci Motor dan Mobil

Untitled

Jumlah kendaraan bermotor baik sepeda motor atau mobil tak dapat dibendung. Hal ini dapat dilihat dari kepemilikan kendaraan masing-masing keluarga. Ditiap desa bisa dilihat masing-masing rumah bisa memiliki 2 hingga 4 sepeda motor atau menyesuaikan jumlah anggota keluarga.

Bagi masyarakat perkotaan mereka tak mau kalah dengan memiliki lebih dari 1 mobil. Barang-barang tersebut seolah bukan lagi sesuatu yang ekslusif atau mahal hingga siapa saja bisa memilikinya. Terlebih adanya leasing atau finance yang memudahkan dalam proses pembelian. Terkadang untuk sepeda motor dengan DP Rp 750 ribu sudah bisa bawa pulang. Sedang untuk mobil dengan bekal Rp 20 juta juga bisa membawa pulang.

Jasa cucian motor ini memiliki prospek yang sangat bagus bila dibuka di kota atau pinggiran perkotaan. Pasalnya biasanya para pemilik tidak mau repot atau kotor gara-gara mencuci kendaraan kesayangan. Selain itu gaya hidup jaman sekarang yang serba pragmatis dimana dengan hanya mengeluarkan sedikit receh mereka sudah mendapati kendaraan wangi dan bersih. Namun, bagi pebisnis lahan ini tentu saja menjadi menggiurkan karena akan mengundang banyak pengguna jasa.

Memulai peluang bisnis cuci motor dan mobil juga tidak membutuhkan modal besar. Yang penting ada lahan strategis dan mesin pompa untuk menyemprotkan air maka usaha ini bisa dimulai. Pada tahap awal cukup dikerjakan sendiri, kecuali telah memiliki konsep yang matang untuk jangka panjang bahwa dari awal sudah harus ada karyawan. Ingat, yang namanya usaha adalah untuk mendapat untung jadi harus diperhatikan Break Event Point atau kapan usaha bisa dinyatakan mendatangkan untung.

2. Jasa Laundry

Untitled

Jasa Laundry tak ubahnya seperti jamur di musim hujan dimana banyak orang yang telah melakukannya. Meski banyak yang telah membuka usaha ini seolah lahan tak pernah habis. Hal ini terjadi karena pakaian bersih telah menjadi kebutuhan bagi tiap orang. Kebersihan pakaian bukan hanya karena alasan kesehatan semata. Lebih dari itu adalah soal penampilan dan rasa percaya diri. Pada dasarnya setiap orang ingin tampil baik, khususnya hal-hal yang menempel pada tubuh.

Segmen pasar paling empuk dari jasa laundry ini adalah karyawan yang sehari-hari harus bekerja dari pagi hingga sore. Selain itu adalah para mahasiswa yang memang jarang bersinggungan dengan urusan cuci dan mencuci. Mereka ini pasti akan berlangganan menggunakan jasa laundry untuk mengurangi beban kerja setelah seharian beraktifitas. Sedang banyaknya jenis laundry yang paling banyak dipilih tentu saja laundry kiloan dimana harganya benar-benar kompetitif.

Sebelum membuka usaha ini lakukan survey tempat dulu. Usahakan mendapat tempat yang dekat dengan kos-kosan karyawan atau mahasiswa. Semakin padat lingkungan bisa dipastikan prospes usaha ini akan semakin besar. Terlebih di musim penghujan dimana sangat susah mendapat sinar matahari. Siapa saja yang bekerja atau beraktifitas seharian dipastikan tidak akan tenang meninggalkan jemuran atau baju tidak akan pernah kering.

Baca Artikel Lainnya :

Dengan menggunakan jasa laundry maka keadaan pakaian benar-benar diperhatikan. Baju dicuci hingga bersih kemudian dijemur dan bila ada hujan akan ada yang mengangkat. Setelah kering langsung bisa disetrika sehingga baju tidak apek.

Modal paling besar dari bisnis ini adalah sewa lahan dan membeli peralatan mesin cuci. Ada baiknya setidaknya memiliki dua atau tiga mesin cui sehingga bila ada yang rusak masih bisa beroperasi. Berikan layanan terbaik sehingga pengguna jasa laundry akan kembali datang atau menjadi pelanggan setia. Pelanggan setia yang terdata dengan baik bisa dijadikan proyeksi pendapatan untuk jangka panjang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *