Blake Ross Si Pembuat Mozilla Firefox

Blake Ross Si Pembuat Mozilla Firefox – Jika Anda adalah seorang pengguna internet, mungkin Anda sudah tidak asing dengan Mozilla Firefox. Mozilla Firefox ini ialah sebuah aplikasi web browser yang sangat powerful.

Untitled

Web browser ini memang begitu terkenal serta banyak di gunakan oleh peselancar dunia maya. Namun Anda pasti tidak menyangka, bila si pembuat Mozilla Firefox ini ialah seorang anak muda yang sekarang ini baru berusia 30 tahun. Pemuda ini bernama Blake Ross, ia lahir di Amerika Serikat, tepatnya di Miami, Floridina. Blake Ross lahir di tanggal 12 Juni 1985. Saat ia berumur 10 tahun pemuda ini telah membuat website perdananya, dan di umurnya ke 15, ia menjadi seorang kontraktor di perusahaan Netscape.

Biografi blake ross

Sebenarnya di tahun 2002, Blake Ross serta Dave Hyatt telah memulai membuat sebuah versi yang terbaru dari Netscape. Web browser ini mempunyai fitur yang begitu menarik, stabil, simpel, dan sangat cepat. ini lah yang menjadi sebuah cikal bakal dari Mozilla Firefox.

Kecerdasan yang dimiliki pemuda ini membuat ia dengan mulus masuk di Universitas Stanford di tahun 2003. Setahun Blake Ross berkuliah disana, ia pun mengembangkan Mozilla untuk aplikasi web browser.

Ketika itu aplikasi yang sedang berkembang dan banyak dikuasai ialah Netscape dan Internet Explorer. Pada tahun 2004, Mozilla Firefox yang dibuat oleh Blake Ross pun diliris, saat itu umurnya masih 19 tahun.

Masuk di dalam kategori renegade

Pada akhirnya, Blake Ross pun keluar dari kampus di tahun 2005, di tahun itu pula ia masuk ke dalam nominasi majalah Wired di kategori Renegade of the Year. Pesaing Blake untuk mendapatkan penghargaan bergengsi ini ialah pendiri Google Sergey Brin serta Larry Page, ada pula Jon Steward. Pada tahun yang sama pun ia masuk di majalah Rolling Stone.

Blake Ross ini membuat awal baru dengan kawan yang merupakan mantan pegawai dari Netscape yakni Joe Hewitt. Ia juga seorang pencipta aplikasi Firebug yang memiliki fungsi antar muka Firefox serta kode penyusunnya. Mereka bekerja sama untuk menciptakan sebuah aplikasi bernama parakey.

Parakey ini merupakan antar muka pengguna baru yang sengaja di desain untuk menjembatani kesenjangan antaran web dan desktop atau yang sering pula di katakan sebagai SO Web. Di tanggal 20 Juli 2007 BBC pun memberitahukan jika Facebook telah berhasil mengakuisisi Parakay.

Keunggulan yang dimiliki Mozilla Firefox

Di dalam waktu yang sangat singkat, Mozilla Firefox ini diterima dengan baik oleh masyarakat, bahkan hingga saat ini web browser ini merupakan web browser yang paling banyak di gunakan pengguna internet seluruh dunia.

Anda bisa membayangkan, di saat peluncuran Mozilla Firefox versi 2.0, pengguna internet yang mengunduhnya tercatat lebih dari 2 juta, hanya di tempo 24 jam. Keunggulan lain yang dimiliki Mozilla Firefox ini ialah program yang sangat cepat, muda di gunakan serta stabil.

Mozilla Firefox ini juga aman sekali dari gangguan iklan hingga virus. Mozilla Firefox juga di distribusikan dengan gratis serta bersifat open source, yakni sangat mudah di modifikasi oleh pengembang.

Blake Ross sendiri menciptakan Mozilla Firefox ini dari perang web browser pada tahun 1998. Ketika itu web browser yang sedang berperang ialah Netscape serta Internet Explorer, dan pemenangnya ialah Internet Explorer yang di buat oleh Microsoft.

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

2 thoughts on “Blake Ross Si Pembuat Mozilla Firefox

  1. Pingback: Biografi Pembuat Jam Tangan Mewah Rolex | Joko Warino Blog

  2. Pingback: Carl Zeiss, Si Penemu Lensa Terbaik | Joko Warino Blog

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *