Budaya Politik : Pengertian, Ciri-ciri dan Contoh Budaya Politik

Budaya Politik : Pengertian, Ciri-ciri dan Contoh Budaya Politik – Budaya Politik memiliki peran yang sangat penting dalam menjaga kedaulatan suatu negara.

Kekuatan Politik dari suatu bangsa dapat tercermin pada seberapa kuat jiwa politik yang terdapat pada warga negeranya. Tanpa politik, suatu negara menjadi lemah ideologinya. Dan hal itu bisa berakibat suatu bangsa menjadi mangsa ideologi politik bangsa lain.

Oleh karena itu, sebagai negara sudah seharusnya kita mengenal apa yang dimaksud budaya politik. Berikut ini adalah pengertian, ciri-ciri dan contoh budaya politik yang harus kita ketahui :

Pengertian Budaya Politik

Pengertian Budaya politik dapat diartikan sebagai suatu sistem nilai bersama suatu masyarakat yang memiliki kesadaran untuk berpartisipasi dalam pengambilan keputusan secara kolektif dan penentuan kebijakan publik untuk masyarakat seluruhnya.

Budaya politik atau political culture dapat berada pada tataran individual atau komunal yang memiliki peran untuk mengarahkan masyarakat atau warga yang menghuni suatu wilayah negara untuk bertindak, berperan dan berkontribusi pada penguatan dan pembentukan sistem politik yang berlaku di negaranya. Adapun para ahli memiliki pengertian budaya politik, sebagai berikut:

  • Allam R Ball

Pada tahun 1963 Allam R. Ball Mengartikan budaya politik atau Political Culture sebagai susunan sikap, keyakinan, emosi dan nilai. Nilai masyarakat yang memiliki hubungan dengan sistem politik dan isu-isu politik.

  • Kay Lawson (1988)

Sedangkan pada tahun 1988 Kay Lawson mendeskripsikan budaya politik sebagai seperangkat nilai-nilai politik yang dianut oleh suatu bangs secara menyeluruh.

  • Mochtar Masoeddan Collin Mac Andrews (2000)

Adapun Mochtar Masoed dan Collin Mac Andrews pada tahun 2000 mengartikan political culture sebagai sikap dan orientasi warga suatu negara terhadap kehidupan pemerintahan dagara beserta perpolitikannya.

  • Larry Diamond(2003)

Sedangkan pada tahun 2003 Larry Diamond mendefinisikan political culture sebagai seperangkat keyakinan, sikap, nilai, ide-ide, sentiment dan evaluasi suatu masyarakat tentang sistem politik negeri mereka dan peran masing-masing individu dalam sistem itu.

Ciri-Ciri Budaya Politik

Untuk menelusuri lebih jauh mengenai budaya politik, ada baiknya kita mengetahui ciri-ciri buadaya politik. Dan berikut adalah ciri-ciri budaya politik:

  • Pengaturan kekuasaan.
  • Proses pembuatan kebijakan pemerintahan.
  • Kegiatan dari partai-partai politik.
  • Perilaku dari aparat-aparat negara.
  • Adanya budaya politik yang menyangkut masalah legitimasi.
  • Adanya gejolak masyarakat terhadap kekuasaan.
  • Menyangkut pola-pola pengalokasian sumber-sumber masyarakat.

Contoh Budaya Politik

Budaya politik sendiri terbagi menjadi tiga tipe, yaitu Budaya Politik Parokial, Budaya Politik Kaula dan Budaya Politik Partisipan. Masing-masing dari jenis budaya politik itu memiliki pengertian sebagai berikut :

Budaya Politik Parokial atau Parochial Political Culture yaitu budaya politik yang memiliki tingkat partisipasi politiknya sangat rendah, yang disebabkan faktor kognitif (misal: tingkat pendidikan relatif rendah).

Budaya Politik Kaula atau Subject Political Culture adalah budaya politik masyarakat yang bersangkutan sudah relatif maju (baik sosial maupun ekonomi) akan tetapi masih bersifat pasif.

Budaya Politik Partisipan atau Participant Political Culture adalah budaya politik dimana masyarakatnya memiliki kesadaran politik yang sangat tinggi. Masayarakatnya mampu memberikan opini dan aktif dalam kegiatan politik.

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *