Budidaya buah kemiri dan manfaatnya

Budidaya buah kemiri kmrdan manfaatnya – Mungkin bagi anda mendengar nama kemiri sudah tidak asing lagi. Kemiri merupakan salah satu rempah rempah yang berasala dari Indonesia. Sayangnya kebanyakan pohon kemiri di kebun tidak dirawat sesuai dengan kebutuhannya, hal ini mengakibatkan panen yang dihasilkan hanya 2 kali dalam setahun. Apabila pohon kemiri dirawat dengan benar, kemiri dapat dipanen sebanyak 3 kali dalam setahun.

Buah kemiri sendiri memiliki beberapa manfaat untuk tubuh kita. Dari biji buah kemiri biasanya dimanfaatkan seebagi sumber minyak dan rempah. Sebelum anda mengetahui cara untuk membudidayakan buah ini berikut akan saya ulas tentang beberapa manfaat kemiri bagi kesehatan tubuh.

MANFAAT BUAH KEMIRI

  1. Buah kemiri untuk membantu menyuburkan rambut

Siapkan 6 butir biji kemiri terlebih dahulu, kemudian tumbuk sampai halus kemiri yang sudah kita siapakan. Tambahkan dengan air bersih dan rebus sampai mengeluarkan minyak. Saring dan ambil minyaknya. Minyak inilah yang dipergunakan untuk menyuburkan rambut. Gosok rambut dengan minyak sebanyak 3 kali dalam seminggu.

  1. Manfaat kemiri untuk mengobati sariawan

Ambil secukupnya getah dari kulit batang kemiri kemudian tambahkan dengan sedikit perasan santan kelapa. Oleskan atau tempelkan ramuan ini pada bagian yang sakit karena sariawan.

  1. Khasiat kemiri untuk mengobati sakit gigi

Ambil beberapa tetes getah dari kulit batang kemiri kemudian oleskan pada bagian gigi yang sakit.

  1. Untuk mengobati buang air besar yang berdarah

Ambil kulit batang kemiri sebanyak 20 gr. Rebus dengan air sebanyak 400 cc sampai airnya menyisakan setengah. Saring lalu ambil airnya. Minum air rebusan selagi hangat sebanyak 2 kali sehari.

  1. Khasit kemiri untuk mengatasi diare

Siapakan kulit batang kemiri yang masih segar sebanyak 20 gr telebih dahulu, tumbuk kulit hingga halus. Rebus dengan air sebanyak 600 cc hingga menyisakan setengah, kemudian saring dan ambil airnya. Minum 2 kali sehari dengan takaran sekali minum 150 cc.

Riset yang berbeda akan menghasilkan hasil yang berbeda pula karena faktor faktor yang mempengaruhi. Jadi apabila terdapat perbedaaan informasi harap untuk dimaklumi, atau kekurangna pada komposisi bahan untuk beberapa ramuan menggunakan kemiri diatas,

CARA BUDIDAYA KEMIRI

Untuk memulai budidaya kemiri kemiri anda harus memahami faktor faktor yang berpengaruh pada proses budidaya kemiri ini. Berikut akan saya ulas beberapa faktor serta cara budidaya kemiri.

Faktor faktor yang berpengaruh untuk budidaya kemiri

  1. Iklim

Kemiri akan tumbuh dengan baik pada daerah dengan ketinggian 0 – 800 mdpl dan memiliki curah hujan 80-110 hari/tahun.

  1. Tanah

Kemiri tidak terlalu memilih untuk ditanam pada tanah jenis apa. Tetapi lebih baik ditanam pada tanah yang subur agar hasilnya memuaskan.

Langkah – langkah umum budidaya kemiri

  1. Pembibitan

Untuk biit sari kemiri biasanya didapatkan dari proses penyemaian biji kemiri. Proses semai juga harus dilakukan dengan hati hati agar bibit yang dihasilkan memiliki kualitas yang baik.

  1. Penyiapan lahan

Untuk lahan dapat digemburkan terlebih dahulu agar pada saat bibit dipindahkan untuk ditanam, kondisi tanah sudah bagus.

  1. Penanaman bibit

Bibit yang sudah siap dapat ditanam ke media tanah, penanaman lebih baik dilakukan pada awal musim hujan.

  1. Pemeliharaan

Untuk pemeliharaan dapat dengan memberantas hama serta penyakit yang menyerang tanaman dengan membersihkan kondisi lahan, perawatan biasanya dilakukan dengan penyulaman apabila tanaman mati saat baru ditanam.

  1. Panen

Panen kmiri akan berbuah setelah 3- 4tahun setelah ditanam. Untuk buah yang dihasilkan dalam 1 tanaman sungguh menjanjikan.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *