Budidaya Ikan Mas Agar Sukses Berikut Syarat dan Langkahnya

Syarat dan Langkah Budidaya Ikan Mas agar Sukses – Ikan mas merupakan salah satu ikan air tawar yang hidup di ketinggian sekitar 150-600 mdpl. Ikan ini dapat ditemukan di sungai, waduk dan danau dengan kondisi air yang bersuhu sekitar 20-25oC. ikan ini adalah ikan pemakan segala yaitu lumut, daun hingga cacing dan serangga. Kunci dari pengembangbiakan ikan mas adalah membuat tempat yang sesuai dengan habitat aslinya diantaranya yaitu kolam memiliki kadar PH air sekitar 7-8.

UntitledInduk ikan mas

Setelah mempersiapkan kolam sesuai dengan habitat asli ikan mas, hal selanjutnya adalah mempersiapkan indukan ikan mas. Indukan betina yang siap untuk dipijah adalah indukan yang berusia sekitar 1,5-2 tahun dengan kerat >2 kg. Indukan jantan yang siap dipijah adalah indukan yang memiliki berat > 0,5 dan berusia sekitar 8 bulan.

Karakteristik dan cara pemijahan

Usia ikan mas betina yang siap untuk dipijah adalah sekitar 1,5 hingga 2 tahun. Ikan betina memiliki ciri tertentu selain menentukan dari umur sebelum akhirnya dipilih dan dipijah. Ikan betina tersebut akan memiliki pergerakan yang lamban dan tidak lincah, namun akan sering meloncat-loncat ketika malam hari. Ciri fisiknya adalah perut ikan tersebut membesar atau membuncit ke belakang dan akan terasa lunak jika diraba. Lubang anus ikan tersebut sedikit membengkak dengan warna yang kemerahan. Untuk ikan jantan yang telah berumur sekitar 8 bulan dan siap untuk dipijah, pergerakannya menjadi lebih lincah dan mengeluarkan sperma jika dipijit pada lubang kelamin.

Langkah masa pemijahan yaitu:

  • Membersihkan dan mengeringkan kolam pemijahan lalu diisi dengan air setinggi 75-100 cm.
  • Memasang hapa berdimensi 4x3x1 m agar panen larva lebih mudah dan memasang kakaban dalam hapa berukuran 1,5×0,4 m.
  • Masukkan induk jantan dan betina yang telah dipilih. 1 indukan betina dapat dipasangkan dengan 2-3 atau lebih indukan jantan.
  • Mengangkat indukan dan dipindahkan ke kolam untuk pemeliharaan induk.
  • Telur akan berubah menjadi larva setelah 4 hari dan dapat diberikan pelet, telur rebus atau kutu air.
  • Larva siap ditebar di kolam pembenihan setelah umur larva mencapai 5 hari.

Proses pendederan

Setelah melalui masa pemijahan dan larva sudah cukup kuat, maka akan dilakukan pendederan di kolam lumpur atau sawah atau di kolam semen. Untuk menumbuhkan plankton dalam kolam dapat menggunakan kolam tanah dengan 10-15 karung kotoran ayam yang direndam dalam air setinggi 40 cm selama 5 hari. Pemberian pakan dapat diberikan tepung pelet yang telah direndam. Bibit ikan yang dapat dipanen untuk dijual dan dipelihara kembali adalah pada umur 3 minggu. Ikan yang sudah berumur 3 minggu sebaiknya dipindahkan ke kolam yang berbeda.

Baca Artikel Lainnya :

Loading...

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *