Budidaya Tanaman Kacang Hijau Dengan Cara Organik

Budidaya Tanaman Kacang Hijau Dengan Cara Organik – Siapa sih diantara kalian yang tidak suka dengan kacang hijau? Selain enak, kacang hijau ini, dapat diolah menjadi berbagai macam makanan yang sangat enak dan yang pasti memiliki segudang manfaat dan gizi yang baik. Lalu, apakah kalian terpikir untuk membudidayakan kacang hijau ini agar mudah mengolah nya sendiri dan yang pasti hemat di kantong?

Budidaya Tanaman Kacang Hijau Dengan Cara Organik

Budidaya Tanaman Kacang Hijau Dengan Cara Organik

Pembahasan kali ini, akan ditujukan untuk kalian utamanya yang ingin membudidayakan kacang hijau.

Syarat Tumbuh :

  1. Tanah

Tekstur tanah yang sesuai adalah Liat berlempung banyak mengandung bahan organik, aerasi dan drainase yang baik. Struktur tanah gembur dengan pH 5,8 7,0 optimal 6,7

  1. Iklim

Curah hujan optimal 50 – 200 mm/bln, Temperatur 25 – 27 0C dengan kelembaban udara 50 – 80% dan cukup mendapat sinar matahari.

Lahan atau Media Tanam

Media tanam merupakan hal terpenting yang perlu diperhatikan dalam membudidayakan tanaman kacang hijau. Dalam budidaya kacang hijau, media tanam yang digunakan yaitu tanah lembung, sebab di dalam tanah lembung terkandung berbagai zat dan nutrisi yang diperlukan oleh tanaman kacang hijau.

Selain itu, tanaman kacang hijau cocok ditanam pada saat musim kemarau. Saat penanaman disarankan untuk tidak melakukan penyiraman secara berlebih. Untuk pH yang dibutuhkan untuk tanaman kacang hijau ini adalah 5,8 hingga 7.

Benih Kacang Hijau

Diperlukan benih yang berkualitas untuk menghasilkan tanaman kacang hijau yang berkualitas. Benih kacang hijau ada beberapa macam, seperti walet, merak, dan nuri.

Proses Penanaman

Waktu yang tepat untuk membudidayakan tanaman kacang hijau adalah pada saat musim kemarau, sebab tanaman kacang hijau tidak membutuhkan banyak air.

Jarak masing-masing tanaman kacang hijau untuk kacang hijau yang bercabang adalah 40 x 20 cm, sedangkan untuk tanaman kacang hijau yang tidak memiliki cabang berjarak 30 x 10 cm.

Masing-masing lubang pada tanah diisi oleh 2 hingga 3 benih kacang hijau. Setelah itu tanaman kacang hijau diberi pupuk organik. Kemudian tutup lubang tanam dengan tanah dan padatkan tanah.

Pemberian Pupuk Pada Kacang Hijau

Saat menanam kacang hijau, harus dan wajib diberikan pupuk secara rutin. Karena agar tanamannya juga akan sehat dan tumbuh dengan subur.

 Setelah tanaman kacang hijau berusia kurang lebih, lebih dari 2 minggu, pemberian pupuk pada tanaman ini dapat dilakukan secara berkala dua minggu sekali. Tetapi, sebaiknya pemberian pupuk dihentikan pada saat tanaman kacang hijau mulai tumbuh bunga.

Penyiraman

Pada saat pertumbuhan awal atau pada saat tanaman kacang hijau mulai tumbuh menjadi kecambah, tanaman kacang hijau perlu disiram secara intensif. Selain itu, penyiraman juga diperlukan pada saat musim kemarau panjang.

Yang perlu diperhatikan pada saat penyiraman dalam budidaya tanaman kacang hijau adalah jangan menyiram terlalu banyak hingga menimbulkan genangan air. Hal tersebut akan membuat kacang hijau menjadi busuk.

Pemanenan

Kacang hijau yang sudah dapat dipanen ditandai dengan daun pada tanaman kacang hijau yang sudah menguning dan berguguran.

Selain itu ditandai pula dengan polong kacang hijau yang berwarna agak kehitaman dan terlihat sedikit retak. Setelah kacang hijau dipanen, sebaiknya simpan di tempat yang terbebas dari hama.

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *