Budidaya Tumbuhan Anti Nyamuk Sebagai Objek Bisnis Ukm

Di musim pancaroba yang sangat buruk seperti musim hujan, musim banjir atau persinggahan antara musim hujan ke musim kemarau yang sering terjadi d Indonesia adalah kondisi buruk dimana rumah dan lingkungan tempat anda tinggal rentan kena serbuan nyamuk.

Nyamuk membuat anda susah tidur, karena jika digigit bisa menimbulkan rasa gatal yang bisa mengganggu tidur anda, nyamuk juga dapat membawa aneka penyakit seperti demam berdarah, chikungunya, dan malaria.

Tapi, mengusir nyamuk dengan obat anti – nyamuk berbahan kimia yang dilakukan terlalu sering akan sangat riskan bagi kesehatan saluran pernafasan anda terutama bagi mereka yang sedang mempunyai anak kecil di rumah.

Maka dari itu, gunakan cara lain untuk melenyapkan nyamuk yaitu menggunakan beberapa tanaman yang bisa berfungsi sebagai media mengusir nyamuk sekaligus ramah lingkungan yaitu bisa dimanfaatkan sebagai tanaman hias mahal atau tumbuhan indah penghias ruangan.

1. Geranium / Tapak Dara  (Pelargonium Hortorum).

i 72

Geranium alias tapak dara atau pelargonium, adalah tanaman hias anti nyamuk yang banyak mengandung zat geraniol dan sitronelol ampuh buat mengusir nyamuk.

Tanamlah geranium di dalam pot dan letakkan pada tempat yang terkena hembusan angin, di teras atau ruangan dekat jendela. Saat daun – daun geranium bergesekan, aromanya akan tercium dan menyebar di sekitarnya yang membuat nyamuk pergi.

Sebuah penelitian menunjukkan, ekstrak bunga geranium radula terbukti mampu menolak nyamuk jenis aedes aegypti hanya dengan cara mudah yaitu mengoleskan ekstrak tumbuhan ini pada bagian – bagian tubuh yang digigit nyamuk terutama nyamuk penyebab demam berdarah. Juga, ekstrak geranium tidak menimbulkan iritasi kulit.

2. Rosemary.

i 73

Rosemary mampu menghasilkan bau seperti aroma minyak telon yang sangat tidak disukai nyamuk.

Tamanan ini tumbuh baik dan subur di bawah sinar matahari, tetapi saat anda membutuhkannya, letakkan tanaman Rosemary yang sedang berbunga di dekat jendela dimana angin bebas keluar masuk. Untuk pemanfaatannya, gosokkan daun yang tua pada bagian kulit yang terluka.

3. Citrosa Mosquito.

i 74

Tumbuhan cantik asal Negeri Kincir Angin ini diketahui memiliki aroma khas seperti wangi kulit buah Lemon yang cukup kuat sehingga tidak disukai serangga.

Citrosa Mosquito mampu tumbuh subur apabila mendapat sinar matahari yang cukup dan tidak memerlukan perawatan khusus yang rumit. Tanaman ini bisa berfungsi sebagai tanaman hias mahal.

4). Marigold ( Bunga Tai Kotok).

i 75

Tumbuhan dengan bunga cantik berwarna kuning, merah, dan jingga ini banyak ditemukan di Indonesia dan populer dengan nama bunga Tai Kotok. Marigold memiliki dua jenis yang mudah dijumpai pada toko – toko tanaman hias, yakni jenis Tagetes Erecta dan Tagetes Patula.

Baca Artikel Lainnya :

Bau mahkota bunga yang tidak enak ternyata mampu mengusir nyamuk. Dengan bunga yang indah, bentuk pohon menarik serta bermanfaat untuk pengusir nyamuk, tak ada salahnya jika marigold anda pajang di salah satu sudut ruangan rumah yang berdekatan dengan jendela.

Itulah 4 Jenis tanaman anti nyamuk atau tanaman pengusir nyamuk sekaligus berfungsi sebagai tanaman hias mahal yang bisa dengan mudah anda kembangkan di pekarangan rumah untuk objek bisnis UKM berjualan tanaman hias. Selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *