Bukti mujarab bahwa memang benar alpukat dapat menurunkan kolesterol

Banyak orang berkata bahwa buah alpukat tidak baik untuk tubuh. Pasalnya buah yang satu ini memiliki kadar lemak yang tinggi, tetapi bukan kadar lemak jenuh melainkan kadar lemak yang tidak jenuh yang baik untuk kesehatan tubuh.

Beberapa riset menunjukkan bahwa ternyata alpukat bisa menurukan kolesterol pada tubuh anda. Penelitian yang dilakukan oleh Journal of the American Heart Association, menghasilkan bukti jika mengkonsumsi alpukat dapat menurunkan kolesterol.

m 3

Kandungan lemak monounsaturated yang ada pada alpukat merupakan lemak sehat yang dapat menerunkan kolesterol LDL. Kolesterol LDL merupakan faktor yang menyebabkan penyempitan pembuluh darah dan penyakit jantung.

Olahraga dan diet yang tepat memang dapat menurunkan kolesterol. Namun, selain cara itu memakan alpukat juga bisa menjadi alternatif obat untuk kolesterol. Selain itu kandungan yang lain yang terdapat pada alpukat seperti vitamin B kompleks dan vitamin C, D, E dan K.

Selain kandungan vitaminnya, kandungan potasium juga ada pada alpukat yang bermanfaat untuk menuruknkan tekanan darah. Kemudian ada beberapa hasil riset yang bisa membuktikan alpukat dapat menurunkan kolesterol.

Riset yang dilakukan oleh T. Jared Bunch, MD, seorang praktisi Intermountain Medical Centre Heart Institute juga telah membuktikan bahwa alpukat dapat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

Hal ini dibuktikan melalui sebuah penelitian terhadap 45 orang. Responden yang dipilih adalah orang – orang  memiliki masalah berat badan serta mempunyai tingkat kolesterol tinggi.

Masing-masing diberikan arahan untuk mengatur pola makan yang diharapkan dapat mengurangi kolesterol:

Arahan pertama, responden mengkonsumsi makanan rendah kalori yang mengandung 24 % kalori dari lemak.

Arahan kedua, mengatur pola makan diet lemak sebanyak 34 % termasuk sebuah alpukat 134 gram yang dikonsumsi per-hari.

Arahan ketiga, yaitu pola mengkonsumsi lemak sebanyak 34 %. Namun, mengkonsumsi juga high-oleic acid oils yang memiliki kesamaaan dengan asam lemak pada alpukat.

Baca Artikel Lainnya :

Para responden diminta untuk melakukan diet selama 5 minggu, dan  ternyata hasilnya, responden yang melakukan diet lemak sembari mengkonsumsi alpukat ternyata mengalami penurunan kolesterol LDL paling tinggi, yaitu 18 miligram/DL. Sementara responden yang tidak mengkonsumi alpukat hanya turun sebanyak 8.3 mg/dL.

Hal ini merupakan bukti konkrit bahwa alpukat bisa menurunkan tingkat kolesterol. Namun, ada baiknya tidak mengkonsumsi buah ini secara berlebihan karena akan memiliki dampak buruk bagi tubuh anda.

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *