Burung Paling Beracun Asal papua

Pulau Papua merupakan pulau yang menjadi habitat berbagai burung.  Salah satunya adalah habitat burung yang beracun. Bahkan Guinness Book of World Record pun mencatat ada satu jenis burung asli dari Papua sebagai salah satu burung paling beracun di Dunia. Ini dia burung-burung beracun asli dari Papua :

p 21

1. 6 species jenis Pitohui.

Burung jenis pitohui mempunyai warna oranye terang dan hitam serta bersuara yang indah, Namun bulu-bulu dan kulitnya mengandung racun, dan bila tersentuh tangan kita akan langsung terasa penyebaran racunnya yaitu munculnya kesemutan, mati rasa, Kulit terbakar dan bersin – bersin.

Mereka merupakan burung endemik di Tanah Papua, populasi burung pitohui di alam liar relatif aman. pada dasarnya burung jenis ini tidak  memproduksi Racun dengan sendirinya namun racun yang keluar dari burung tersebut adalah hasil dari memakan beberapa jenis kumbang yang mengandung neurotoxin kuat dan mengandung alkaloid.

Burung Pitohuit erdiri atas enam spesies, yaitu :

  • Hooded Pitohui, Pitohuidichrous
  • Variable Pitohui, Pitohuikirhocephalus
  • Crested Pitohui, Pitohuicristatus
  • White-bellied Pitohui, Pitohuiincertus
  • Black Pitohui, Pitohuinigrescens
  • Rusty Pitohui, Pitohuiferrugineus

Keenam spesies tersebut semuanya memiliki racun.Diantara keenam spesies tersebut burung yang paling beracun adalah hooded pitohui. Burung hooded pitohui memilik iwarna-warna yang lebih cerah dari pada spesies lainnya. pitohui juga mengeluarkan bau busuk.

Dalam menjaga telur-telur dari mangsa binatang predator Burung Pitohui sering menggunakan racunnya yaitu dengan cara menggosokan racun ditubuhnya pada telur-telurnya.

2. Blue-capped ifrit (Ifritakowaldi)

Blue-capped ifrit merupakan burung pemakan serangga, selain itu pula merupakan burung endemik di Papua Nugini dan Papua. Jenis racun yang sama pada burung ini juga ditemukan dalam bulu-bulu dan kulitnya.

Baca Artikel Lainnya :

3. Little shrikethrush (Colluricinclamegarhyncha)

Little shrikethrush (Colluricinclamegarhynchadikenal dengan nama rufousshrikethrush, Burung ini dalam Family Colluricinclidae. Populasi burung ini banyak ditemukan di Indonesia, Papua Nugini dan Australia. Karakter dan sifat racunnya memiliki kesamaan dengan burung pitohui.

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *