Cahaya Malam Hari Mempengaruhi Kehamilan

Bukan hanya mengganggu siklus tidur, tapi menurut penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Ferrility and Sterility, lampu atau cahaya malam hari telah terbukti membahayakan kemampuan wanita untuk hamil.

c 38

Termasuk juga buruk bagi kondisi perkembangan janin jika Anda sudah mengandung. Terpaan dari cahaya malam akan menekan produksi melatonin (hormon tidur) yang juga diproduksi di dalam saluran telur beserta organ reproduksi melalui perusakan radikal bebas, terutama di bagian ovum.

Wanita hamil harus terhindar dari ekspos cahaya malam

Bagi Anda yang tengah hamil atau mengandung, lebih baik menghindari ekspos lampu atau cahaya di saat malam hari. Professor University of Texas, Russel J. Reiter yang bertugas di department health Science Center, San Antonio mengungkapkan bahwa tidur di dalam kondisi gelap memerankan peran yang sangat penting terhadap tingkat reproduksi wanita sekaligus perlindungan terhadap kondisi janin.

Melalui penelitian yang telah dilakukannya, ditemukan bahwa pada malam hari setiap kali lampu berada dalam kondisi menyala, memberikan dampak berupa potensi produksi melatonin yang menurun.

Dimana melatonin adalah hormon yang berfungsi untuk merespon segala kegelapan serta mengatur jam biologis bagi tubuh Anda.

Bagi wanita yang sedang hamil, hormon ini diketahui memiliki antioksidan tinggi yang membantu untuk melindungi induk telur dari ancaman kerusakan. Terutama pada saat seorang wanita tengah mengalami ovulasi.

Ketika seorang wanita tengah berusaha untuk hamil sekalipun, lebih baik mendapatkan tidur paling tidak selama 8 jam di dalam keadaan gelap saat malam hari.

Baca Artikel Lainnya :

Siklus tidur dengan keadaan gelap disarankan setiap malam

Rekomendasi dari para ahli adalah agar wanita memiliki siklus tidur pada kondisi gelap secara rutin di setiap hari. Karena jika tidak akan berakibat fatal pada jam biologis tubuh yang cenderung tidak menentu.

Tetapi bagi Anda yang sudah terlanjur terbiasa tidur dengan kondisi lampu menyala, maka dapat dicoba untuk mencari alternatif penerangan lainnya. Contohnya adalah dengan menggunakan lampu berwarna kuning, merah maupun biru, sehingga penerangan atau cahaya yang Anda terima tidak cukup terang.

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *