Candi Boko : Kemegahan Istana di Atas Bukit

Candi Boko : Kemegahan Istana di Atas Bukit – Jika anda sering main ke Jogja dan pernah mampir ke Candi Prambanan, Anda pasti akan di tawari tiket terusan menuju komplek istana Ratu Boko. Kawasan Candi Ratu Boko merupakan salah satu tempat wisata dan sering digunakan sebagai tempat bumi perkemahan bagi anak Pramuka.

Untitled

Letaknya hanya beberapa menit saja ke arah selatan melalui pasar Prambanan menuju arah Piyungan yang dapat di akses menggunakan kendaraan apapun. Meskipun tak seterkenal seperti Candi Prambanan dan Borobudur, ternyata Istana Ratu Boko menyimpan sebuah keunikan dan kemegahan tersendiri.

Bangunan dengan arsitektur yang hampir sempurna mirip layaknya sebuah istana di negara lain ini di bangun sekitar abad ke-8. Hal ini membuktikan bahwa masyarakat Jawa jaman dahulu sudah berkembang dalam hal arsitektur dan sosiologi kemasyarakatan.

Istana Ratu Boko terletak di dusun Samberwatu (Desa Sambirejo) dan dusun Dawung (Desa Bokoharjo), Prambanan, Sleman, Jogjakarta, Indonesia. Istana ini berada di sebuah bukit dengan ketinggian 195.75 MDPL dengan luas sekitar 160.898 m2.

Di Istana ratu Boko ini Anda akan banyak menjumpai peninggalan arkeologi jaman dulu seperti gapura istana, arca, ruang pembakaran dan pemandian.  Beberapa situs candi pun masih utuh dan lengkap melingkar di sekitar Istana yang tersebar di sisi selatan dan sisi barat bukit, seperti Candi Miri, Candi Ijo, dan Candi Baron.

 Secara arkeologi, Istana Ratu Boko di bagi menjadi dua bagian yakni istana sebelah barat bukit dan timur. Komplek sebelah barat berupa jalan setapak, kolam-kolam, saluran air dan fragmen gerabah lokal maupun asing.

Tidaklah sulit untuk menemukan kawasan Istana Ratu Boko. Bagi anda yang berada di wilayah Jawa Tengah jika Anda berangakat dari arah Solo atau Klaten pastikan sampai di candi Prambanan, lalu berjalan kea rah barat menuju pasar Prambanan. Dari pasar Prambanan ambil jalur ke arah selatan menuju Piyungan. Dan anda akan bertemu penunjuk jalan arah parkir candi Boko.

Sebenarnya ada jalur altenatif lain yang bisa langsung sampai di puncak istana. Jika Anda memilih parkir di bawah yang dekat dengan jalan maka anda harus berjalan menaiki tangga. Namun ada jalur altenatif yang bisa di lewati mobil maupun motor.

Apabila sudah sampai tempat parkir utama di sebelah utara candi anda, dapat berjalan lagi ke arah barat sekitar 1 kilometer melewati bukit kemudian belok ke kiri di samping bukit istana ratu boko. Jalanan cukup sempit kerana memang jalan tersebut merupakan jalan desa. Setelah menempuh sekitar 5 menit-10 menit maka anda bisa langsung parkir di atas bukit istana ratu boko tanpa harus berjalan melewati tangga.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *