Candi-Candi di Jogjakata yang Wajib Anda Kunjungi

Candi adalah sebuah bangunan peninggalan jaman dahulu kala yang merupakan tempat keagamaan masyarakat yang beragama hindu dan budha. Candi digunakan sebagai tempat ibadah masyarakat hindu dan budha.

Di Indonesia banyak sekali peninggalan candi yang masih utuh kokoh berdiri namun ada juga yang sudah mengalami renovasi beberapa kali. Salah satunya, di Kota Jogjakarta terdapat beberapa candi-candi yang masih berdiri kokoh.

Berikut ini adalah Candi-candi yang wajib anda kunjungi saat berkunjung ke Jogjakarta:

1. Candi Ijo

b 22

Candi Ijo terletak di desa Sambirejo, kabupaten Sleman yang hanya berjarak 4 kilometer dari Candi Ratu Boko. Candi ini dibangun sekitar abad 10 Masehi pada zaman kerajaan Medang.

Dinding pada candi utama terdapat tiga relung di tiap sisinya Pemandangan alam disekitar candi sangat indah dengan hamparan kebun pertanian yang masih asri. Kompleks candi terdiri dari 17 struktur bangunan yang terbagi dalam 11 teras berundak.

2. Candi Prambanan

b 23

Candi Prambanan adalah salah satu candi yang paling dikenal oleh wisatawan lokal dan wisatawan asing. Bangunan candi yang dibangun pada abad ke 10 ini sangat indah dan megah.

Selain terkenal dengan keindahannya, candi Prambanan dikenal juga dengan legenda Roro Jonggrang yang dikutuk menjadi arca ke 1000 oleh Bondowoso karena ia merasa telah dicurangi.

Di hari-hari tertentu terdapat pertunjukan musik dan drama di candi ini yang menarik untuk disaksikan. Jika anda ingin berkunjung ke Candi ini, anda membutuhkan waktu 30 menit dari pusat kota untuk mencapai kawasan candi ini.

3. Candi Borobudur

b 24

Candi Borobudur merupakan monumen yang pernah menjadi tujuh keajaiban dunia yang telah diakui UNESCO kemegahannya. Candi ini paling ramai dikunjungi wisatawan saat liburan tiba. Tidak hanya wisatawan lokal, namun banyak umat beragama budha dari berbagai negara yang pernah mengunjungi candi ini. Bahkan artis kelas dunia Richard Gee dan David Beckham pernah ke Candi ini.

Yang membuat unik, dinding-dinding di candi ini terdapat 4 kisah tentang Karnawibangga, Lalita Wistara, Jataka dan Awadana serta Gandawyuda. Selain itu di dinding-dinding candi banyak terdapat ajaran-ajaran budha tentang kehidupan manusia. Uniknya jika ke Candi Borobudur kita wajib menggunakan kain batik yang disediakan oleh tim pariwisata Candi Borobudur.

4. Candi Ratu Boko

b 25

Candi Ratu Boko dibangun pada abad ke 8 yang menurut sejarah dibangun oleh kerabat pendiri Candi Borobudur. Candi Ratu Boko dibangun saat masa pemerintahan Rakai Panangkaran untuk tujuan tempat menyepi dan memfokuskan diri untuk urusan keagamaan.

Pemandangan dari Candi Ratu Boko sangat menakjubkan karena anda bisa melihat pemanadangan kota Yogyakarta dan Candi Prambanan dengan latar belakang Gunung Merapi.

Baca Artikel Lainnya :

5. Candi Mendut

b 26

Candi Mendut dibangun di masa pemerintahan Raja Indra dari wangsa Syailendra. Candi Mendut berbentuk segiempat dengan stupa-stupa yang menghiasi atap candi ini.

Di candi Mendut terdapat beberapa relief yang menceritakan tentang kehidupan hewan-hewan seperti burung dan kura-kura dan juga terdapat 8 relief Bodhisattva dengan berbagai sikap tangan dan berukuran lebih besar dari relief di Candi Borobudur.

Walaupun mungkin ada bukan beragama hindu atau bunda, tidak ada salahnya anda mengunjugi candi-candi ini untuk melihat keindahan bangunan tersebut.

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *