Cantik Dengan Desain Dress Batik Aurora

Batik lawasan merupakan salah satu istilah yang cukup sering digunakan untuk kain – kain batik yang berusia tua (lawas).

i 89

Meskipun demikian, pakar batik di Indonesia hingga saat ini masih ragu dan belum ada kesepakatan bersama mengenai kategori kain batik lawas, minimal sudah berusia berapa tahun bisa dimasukkan sebagai kain batik lawasan (apakah 50 tahun, 75 tahun, atau lebih dari 100 tahun).

Cara yang praktis untuk menetapkan umur atau usia kain batik Nusantara sangat sulit untuk distandarkan, anda bisa melihat cara perhitungan umur selembar kain (khususnya kain batik) yang telah dikoleksi saat kakek – nenek masih berusia belia.

namun ada pendapat bahwa sebuatan batik lawasan diberikan hanya untuk jenis kain batik yang masa pembuatannya adalah lebih dari 35 tahun yang lalu. Biasanya batik lawas ini pernah digunakan tetapi tidak sering dan sebagian lagi masih baru tapi dari koleksi tempo dulu.

Saat ini kain batik lawasan sedang digemari oleh remaja putri di kota–kota besar khususnya di pulau Jawa dan beberapa turis mancanegara seperti Jepang.

Bahkan beberapa butik terkenal di sini kerap menyediakan busana khusus yang terbuat dari batik lawasan dengan memakai desain unik seperti dress batik Aurora yang laris dijual dengan harga mahal karena modelnya cocok dengan penampilan remaja putri.

Dress batik Aurora menggunakan kain batik lawas banyak dirancang oleh desainer terkenal dari Indonesia bernama Anne Avantie yang suka merancang busana ready to wear dengan menonjolkan tema menggunakan bahan kain batik lawasan untuk dress model Aurora yaitu busana santai remaja putri tanpa lengan.

Di pasaran, saat ini banyak tersedia berbagai jenis batik lawasan yang benar – benar merupakan kain batik lawasan asli tetapi persediaan terbatas sedangkan yang lebih ditonjolkan untuk dipilih oleh pembeli adalah kain batik lawasan tiruan.

Kondisi ini mungkin disebabkan karena sulitnya produsen memperoleh atau mengumpulkan kain batik lawasan yang asli dalam kondisi utuh dan masih layak pakai. Meskipun kerap dibandrol dengan harga sangat mahal yaitu bisa mencapai jutaan rupiah, tetap saja kain batik ini diburu oleh para pengkoleksi kain batik mahal di Indonesia hingga mancanegara.

Bahkan saat ini tren fashion batik Aurora dengan model – model santai seperti baju tidur kutung, dress cantik full body tanpa lengan hingga celana pendek dan selendang – selendang cantik sebagai asesoris penunjang kesempurnaan penampilan seorang perempuan pun mulai marak didesain dan ternyata laris manis saat dijual di butik – butik ternama di seluruh Indonesia.

Baca Artikel Lainnya :

Sepertinya para perajin kain batik Nusantara tak pernah kehabisan akal untuk selalu menciptakan kain batik tren terbaru yang terkesan lawas. Disarankan, apabila kain batik lawasan yang asli harganya sangat mahal yaitu bisa mencapai jutaan rupiah, anda dapat membeli batik lawasan tiruan dengan harga yang lebih ditoleransi.

Sehingga anda tetap bisa mengikuti perkembangan terbaru dari fashion batik yang berubah – ubah sesuai dengan pergantian tahun di masing – masing tempat dimana kain tersebut diciptakan untuk pertama kalinya buat masyarakat luas.

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *