Cara Agar Selalu Menjadi Mahasiswa yang Disukai Dosen

Sebagai mahasiswa, Anda pasti selalu mengupayakan cara yang terbaik untuk mendapatkan nilai tertinggi di kelas.

Namun, beberapa usaha untuk mendapatkan nilai yang baik di kelas juga turut dipengaruhi oleh campur tangan dosen sebagai sang pemberi nilai. Maka, menjadi mahasiswa yang disukai dosen adalah mutlak cita-cita semua mahasiswa.

s 187

Di bawah ini ada beberapa cara yang dapat Anda coba untuk menjadi mahasiswa yang disukai dosen. Beberapa di antaranya membutuhkan niat dan komitmen jangka panjang.

  • Ucapkan Nama Anda Terutama kepada Dosen Baru; Salah satu cara agar menjadi mahasiswa yang disukai dosen adalah dengan memastikan bahwa sang dosen tahu nama Anda dan mengingatnya. Maka, jangan sungkan-sungkan untuk terus mengingatkan nama Anda kapan pun saat bertemu dosen, terutama pada dosen baru yang belum terlalu mengenal Anda.
  • Act Beyond the Expectation; Atau dalam Bahasa Indonesia berarti “lakukan melebihi ekspektasi yang diberikan”, merupakan suatu kemampuan untuk bertindak lebih baik dari yang diharapkan. Misalnya Anda diberi tugas oleh dosen Anda untuk mengerjakan sebuah laporan dalam tempo waktu 10 hari, usahakan untuk mampu menyelesaikannya dalam waktu lebih singkat dan dengan hasil yang lebih optimal. Hal ini akan membuat Anda dicap sebagai mahasiswa unggul dan di atas rata-rata.
  • Aktif saat Pelajaran di Kelas; Mahasiswa yang aktif adalah idaman semua dosen. Maka, usahakan untuk selalu aktif saat berada di kelas. Perhatikan dengan seksama ketika dosen memberikan materi pelajaran. Aktif untuk bertanya dan mengkritisi sebanyak mungkin materi yang disampaikan. Jawablah semua pertanyaan yang dilontarkan dosen Anda di kelas.
  • Usahakan Untuk Selalu Tepat Waktu; Aspek kedisiplinan juga menjadi satu hal yang menarik perhatian dosen untuk mengingat Anda sebagai siswa teladan. Entah dalam urusan dating ke kelas ataupun menyelesaikan sebuah tugas, atur urusan dan prioritas Anda sedemikian rupa sehingga selalu tepat waktu alias on time.
  • Ucapkan Terima Kasih; Ucapan terima kasih memang terdengar sangat sepele. Namun, hal sederhana semacam ini sangat diapresiasi oleh dosen. Usahakan untuk mengucapkan terima kasih kepada dosen saat selesai kuliah ataupun ketika dosen membagikan hasil ujian kepada Anda. Selain sebagai ungkapan penghargaan, dosen akan beranggapan bahwa Anda merupakan seorang mahasiswa yang tidak hanya pintar, namun juga berbudi luhur.

Baca Artikel Lainnya :

Itulah beberapa cara yang bisaAnda coba agar selalu menjadi mahasiswa yang disukai dosen.Selamat mencoba!

Loading...

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *