Cara Belajar Bahasa Inggris Secara Otodidak

Belajar bahasa inggris sebenarnya bisa saja dilakukan sendiri atau secara otodidak, tidak perlu pergi ke tempat kursus dengan merogoh kocek yang dalam. Yang perlu Anda siapkan untuk belajar bahasa inggris secara otodidak ini adalah waktu luang yang cukup.

c 91

Berikut cara yang dapat Anda tempuh untuk bisa menguasai bahasa global ini,

#1 Materi pembelajaran yang menarik

Anda harus memiliki materi yang mampu merangsang keinginan Anda untuk mempelajarinya. Contohnya apa? misalnya sebuah buku yang dirancang secara khusus untuk orang yang belajar secara otodidak sehingga di dalamnya dilengkapi dengan audio.

Jadi, Anda bisa belajar dengan membaca, kalau Anda bosan, bisa meminta mesin untuk membacakan (ya lewat audio tadi). Materi visual bisa Anda dapatkan melalui film dan visual pendukung lainnya, namun menurut saya, film lebih mudah digunakan sebagai media pembelajaran, juga ingat, perhatikan asal fimnya.

Kalau Anda ingin fokus pada british language maka cari juga film yang dari sana, kalau American cari film Holliwood. Dan jangan memakai subtitle Indonesia! Tapi sebaliknya, pakailah sub Inggris, dengan begitu Anda akan mengetahui susunan kalimat dan penulisan kata-katanya.

Juga, bagaimanapun kamus tetap Anda perlukan. Jika bepergian, bawa saja kamus kantong yang lebih praktis. Berbagai jenis materi juga sudah disediakan secara online sekarang ini, jadi tinggal niat dan kemauan saja!

#2 Waktu dan tempat fleksibel

Salah satu keuntungan belajar secara otodidak adalah kita sendiri yang mengatur waktu dan tempatnya. Jadi, kapanpun dan dimanapun kita ingin belajar, tinggal buka media dan dengarkan audio-nya.

Bahkan, lagu bisa menjadi jembatan Anda untuk melatih kosa kata. Misalnya, Anda mendengarkan lagu, kemudian menuliskan liriknya dan mencari jawaban yang benar di internet.

#3 Praktikkan secara berkala dan sebanyak mungkin

Setelah mempelajari teorinya, maka selanjutnya adalah tahap praktik. Sama seperti Anda belajar bersepeda dulu. Sebenarnya Anda sudah tahu bagaimana teorinya, bahkan setiap hari melihat orang lain melakukannya dengan mudah. Namun, giliran Anda, ternyata masih tidak semudah kelihatannya.

Mengetahui teori tanpa mencoba mengaplikasikannya, tentu mustahil bisa berhasil. Belajarlah tanpa kenal lelah, biarkan saja meski kesalahan terus menghampiri. Sebab itulah yang akan mengajari Anda bagaimana yang benar dan pastinya menemukan sendiri tak akan terlupakan dengan mudah.

Baca Artikel Lainnya :

Jika Anda sudah menguasai beberapa pola, mulailah membuat percakapan. Kembangkan topiknya, jangan hanya terbatas pada hal yang mudah. Tapi coba juga dengan hal yang lebih rumit. Kunci dalam belajar keterampilan bahasa adalah percaya diri dan konsisten. See the power of consistent!

Karena sistemnya adalah otodidak, maka keberhasilannya pun Anda lah yang bisa menentukannya. Semakin kuat kemauan Anda dan semakin banyak praktik untuk mewujudkan itu, maka yakinlah Anda pasti berhasil!

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *