Cara Budidaya Ikan Di Pekarangan

Cara Budidaya Ikan Di Pekarangan –  Budidaya ikan halaman adalah budidaya pertanian seperti berkebun sayur di halaman. Memberi makan keluarga dan teman-teman sepanjang tahun dari sumber makanan yang berkelanjutan.

Untitled

Menggunakan bahan murah dan tersedia seperti kolam renang di atas tanah Anda dan dengan ini anda bisa mendapatkan ikan segar dari halaman belakang Anda sendiri. Secara historis, budidaya memiliki sesuatu dari reputasi buruk karena telah terbatas pada fasilitas komersial besar yang memerlukan sejumlah besar air dan energi, dan dengan demikian dapat menjadi sumber utama pencemaran.

Ada beberapa kesamaan antara berkebun dan budidaya ikan: Kedua tanaman dan ikan membutuhkan makanan dan kehangatan; hanya tanaman sebagai tertentu mendukung musim yang berbeda, kedua macam “kebun” memerlukan pemeliharaan rutin. Anda tidak bisa hanya menyebarkan beberapa biji atau taburkan beberapa bibit di kolam, kemudian berharap untuk memanen apa yang dapat dimakan dalam beberapa bulan.

Budidaya ikan adalah praktek yang sangat tua yang bisa menyenangkan, produktif dan bermanfaat. Seperti banyak stok ikan liar sedang habis di seluruh dunia, budidaya ikan menjadi salah satu solusi untuk masa depan yang lebih berkelanjutan.

Penerapan praktek permaculture membantu kita untuk memanfaatkan peternakan ikan sebagai sistem produksi pangan yang berkelanjutan. Permakultur adalah praktek dan perspektif merancang sistem pertanian yang meniru hubungan yang ditemukan dalam sistem ekologi alam. Pada artikel ini, kita akan fokus pada sistem berbasis di kolam-tanah untuk budidaya ikan untuk sumber makanan.

Langkah pertama untuk memulai kolam ikan Anda sendiri adalah untuk memilih lokasi di halaman belakang Anda yang merupakan tempat alami di mana air akan dikumpulkan dalam kolam yang dibuat di tempat tersebut. Membayangkan di mana kolam Anda akan dibuat dan menggambar sketsa tiga dimensi dari kolam.

Pastikan untuk menyertakan pengukuran untuk panjang, lebar dan semua tingkat kedalaman. Ini dapat membantu untuk lay out template fisik dan menggali garis yang menunjukkan ukuran dan bentuk kolam Anda. Pastikan untuk menyertakan bagaimana Anda akan mengumpulkan ikan ke dalam rencana desain Anda untuk sistem budidaya ikan halaman ini.

Jika Anda ingin menambahkan tanaman untuk kolam Anda, pertimbangkan untuk menambahkan teras bawah air di kedalaman bervariasi dalam desain kolam Anda di mana tanaman bisa ditanam. Tanaman dapat membantu menambah daya tarik estetika, shelter bagi ikan yang masih kecil, dan beberapa akan membantu mengikat oksigen di air.

Jika ingin membudidayakan ikan laut atau payau, Sodium bentonit tanah liat dapat digunakan untuk membuat air laut alami yang akan menahan air di kolam Anda. Jumlah yang tepat adalah sekitar dua pon natrium bentonit per kaki persegi tanah kosong. Anda ingin menyebarkan itu sekitar ketebalan satu inci, kemudian sampai ke tanah Anda. Berikutnya Anda padatkan tanah ini dicampur dengan mesin-mesin berat. Akhirnya, Anda dapat mulai untuk mengisi kolam. Anda harus sangat berhati-hati dalam mengisi kolam, sehingga dapat meminimalkan erosi.

Pengujian kualitas air sebelum Anda memilih untuk membangun sistem budidaya ikan halaman belakang Anda. Hal ini sangat penting baik untuk kesehatan ikan dan manusia yang dapat mengkonsumsi mereka di masa depan. Jika pH air sangat tinggi atau rendah, sebagian besar ikan tidak akan bertahan.

PH air dapat disesuaikan dengan menggunakan berbagai metode yang tersedia secara komersial, baik alami atau kimia berbasis. Jika Anda ingin tetap ke alam, karang hancur dapat digunakan untuk meningkatkan pH, sementara bogwood atau batu kapur dapat digunakan untuk menurunkannya.

Ingat, metode alami dapat mengubah pH lebih bertahap. PH ideal untuk sebagian besar ikan di dekat 7, yang dianggap netral. Setiap perubahan yang signifikan dan tiba-tiba pH air dapat berakibat fatal bagi ikan Anda.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

One thought on “Cara Budidaya Ikan Di Pekarangan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *