Cara Budidaya Jamur Tiram Putih Dengan Benar

Cara Budidaya Jamur Tiram Putih Dengan Benar, Budidaya jamur tiram merupakan salah satu dari peluang usaha yang menggiurkan saat ini. Dilihat dari kebutuhan pasar akan konsumsi jamur tiram serta kemampuan produsen untuk memenuhi permintaan yang masih kurang, tidak ada salahnya apabila anda juga mulai melirik untuk membudidayakan jamurtiram. Meskipun gampang tetapi tidak sedikit pula orang yang mengalami kegagalan dalambudidaya jamur ini karena cara yang digunakan masih kurang benar. Faktor-faktor yang harus selau diperhatikan dalam membudidayakan jamur tiram ini adalah kebersihan, lingkunagan serta konsistensi selama proses perwatan. Apbila faktor tersebut tidaka dapat dipenuhi dengan baik maka akan mengakibatkan hasil yang kurang optimal, bahakan dapat mengkasilkan kegagalan.

Untitled

Jamur tiram putih memiliki warna putih akak krem dan memiliki diameter tubuh 3 sampai 14 cm. Jamur ini memiliki miselium. Berikut ini adalah cara-cara serta persiapan untuk menanamjamur tiram dengna baik dan benar.

  1. Persiapan Penanaman JamurTiram

Sebelum melakukan penanaman bibit jamur tiram , perhatikana hal-hal yang menunjangbudidaya jamur tiram, hal-hal ini sudah harus tersedia, diantaranya adalah rumah kumbung baglog, rak baglog, serta dari bibit jamur tiram, kemudian peralatan budidaya. Usahakan pada saat budidaya jamur tiram anda menggunakan bibit yang bersertifikat, bibit dapat dibeli dari petani lain atau juga dinas pertanian setempat. Sedangkan untuk peralatan budidayajamur tiram cukup sederhana, memiliki harga yang terjangkau, bahkan kita juga bisa memanfaatkan peralatan yang ada di dapur.

Untuk mengoptimalkan hasil dari usaha budidaya jamur tiram yang dilakukan di dataran rendah dapat dilakukan dengan memodifikasi bahan media serta takarannya, yaitu denganmenambah ataupun mengurangi takaran dari tiap-tiap bahan dari standar pada umumnya. Hingga saat ini masih belum ada standar komposisi media yang ditentukan untuk budidayajamur tiram di dataran rendah, sehingga petani kemudian memodifikasi media serta lingkungan berdasarkan pengalaman serta kondisi lingkungan masing-masing.

Untuk media tumbuh jamur, biasa digunakan serbuk gergaji yang berfungsi untuk penyedia nutrisi bagi jamur. Tetapi alternatif untuk mengganti serbuk kayu adalah menggunakan berbagai macam ampas.

  1. Penanaman dan pemeliharaan jamurtiram

Dalam penanaman jamur tiram hal yang harus selalu diperhatikan adalah untu menjaga suhu serta kelembaban ruang agar tetap pada standar yang dibutuhkan dari jamur. Pengetahuan akan sirkulasi udara juga akan sangat membantu. Sehingga jamur akan mendapat udara yang segar secara terus menerus.

  1. Pengendalian hama budidayajamurtiram

Selain baglog, pengendalian hama dan penyakit pada budidaya jamur juga sangat diperlukan, hal ini ditujukan untuk memperoleh hasil yang optimal selama proses budidaya jamur tiram.

  1. Panen dan pasca panen

Panen merupakan kegiatan yang selalu dinantikan oleh banyak pelaku usaha. Untuk mendapatkan hasil yang optimal dari panen serta pasca panen beberapa faktor yang harus diperhatikan dan dilakukan dengan baik adalah

  • Waktu dan cara memanen jamur tiram

Waktu yang biasa dilakukan adalah 40 hari setelah pembibitan jamur tiram atau setelah tubuh buah berkembang dengan maksimal.

  • Penanganan pasca panen dari jamur tiram

Penanganan ini bertujuan untuk menghasilkan jamur yang berkualitas dan sesuai denganpermintaan pasar

  • Penyortiran jamur tiram

Penyortiran berfungsi untuk memisahkan jamur dengan kotoran kotoran atau bahkan racun yang diakibatkan oleh pestisida

  • Pengemasan serta proses transportasi hasil panen jamur tiram

Pengemasan biasanya menggunakan plastik kedap udara untuk menjaga kualitas dari jamur.

Nh itulah bagaimana Cara Budidaya Jamur Tiram Putih Dengan Benar semoga artikel saya kali ini bisa bermanfaat untuk kita semanya. salam sukses selalu dan selamat mencoba.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *