Cara Budidaya Labu Siam

Mas Joko    December 27, 2019    No Comments on Cara Budidaya Labu Siam

Cara Budidaya Labu Siam – Labu siam atau mungkin yang sering kita kenal dengan tanaman waluh ini, memang memiliki daya tarik tersendiri bagi mereka yang sangat suka dengan tanaman ini. Selain memang bisnisnya yang menjanjikan, labu siam juga memiliki rasa yang sangat gurih dan enak jika dimasak sebagai sayur untuk pendamping lauk nasi.

Cara Budidaya Labu Siam

Cara Budidaya Labu Siam

Tapi, tidak sedikit orang juga yang lebih tertarik untuk menanamnya saja, dan bukan mengolahnya. Jadi, bagaimana cara membudidayakannya? Ada beberapa cara yang bisa kita pakai untuk memulai budidaya tanaman labu ini. Mengingat mereka memiliki alurnya sendiri, jadi tidak boleh sembarangan.

Yang pertama adalah Anda perlu untuk mempersiapkan lahan tempat penanaman. Labu siam tersebut nantinya terpapar minimal 8 jam dalam sehari. Hal ini bisa membantu tanaman tersebut untuk tumbuh merambat dengan baik.

Juga jangan pernah memakai lahan yang jauh dengan sumber air. Labu siam merupakan jenis tanaman yang sangat membutuhkan air. Mengingat mereka merupakan tanaman dengan metode tumbuhnya adalah merambat.

Selanjutnya ada  proses penggemburan tanah. Proses ini merupakan salah satu proses penting, dimana nantinya tanaman labu siam bisa menjalar dengan baik. Labu siam juga bisa dengan mudah menyerap nutrisi secara optimal.

Yang selanjutnya adalah memberikan pupuk organik. Kenapa pupuk organik? Kembali lagi ke awal, mereka merupakan jenis tanaman yang memiliki proses tumbuh secara menjalar. Maka mereka sangat membutuhkan tanah dengan nutrisi alami untuk hasil yang memuaskan.

Meski begitu, tanaman ini membutuhkan pupuk dasar sebelumnya. Pupuk dasar yang kebanyakan orang merekomendasikan adalah pupuk kandang. Dimana nantinya, mereka bisa dikombinasikan kembali dengan jenis pupuk organik lainnya.

Anda juga harus mempersiapkan bedengan setelah Anda melakukan tahapan-tahapan yang tadi. Bedengan ini dibuat dengan tujuan untuk mempertahankan suhu tanah yang telah tercampur dengan beberapa pupuk tadi tetap terjaga, serta tanaman labu siam terhindar dari serangan rumput liar.

Untuk tekniknya sendiri, Anda bisa mempelajarinya dari beberapa orang yang memang sudah sukses dalam bidang ini, atau dari beberapa video YouTube untuk Anda bisa lebih memahami step by step nya. Sekian ulasan kali ini, semoga bermanfaat.

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *