Cara Budidaya Tanaman Jambu Air

Cara Budidaya Tanaman Jambu Air – Apabila anda memiliki hobi dan berminat untuk menanam tanaman buah – buahan di pekarangan rumah seperti salah satunya adalah menanam buah Jambu Air maka anda dapat mengikuti beberapa tahapan berikut di bawah ini :

1/Tahapan pembibitan

Yang dimaksudkan dalam hal ini adalah rangkaian proses yang wajib dilakukan dalam cara budidaya tanaman Jambu Air dimana proses ini dilakukan dengan dua pilihan bibit yang pada umumnya bibit – bibit bersangkutan diperoleh dengan cara disemai menggunakan ‘metode vegetatif’. Anda dapat menemukan bibit unggul dari pohon yang sudah berusia 15 tahun dengan cara dicangkok dan vegetatif (direkomendasikan).

2/Perhatikan pola tanam

Yang kedua perlu untuk diperhatikan adalah pola tanam maksimal menggunakan jarak tanam sekitar 8 meter untuk panjang dan lebar. Hal ini diupayakan dengan tujuan untuk membuat tanaman Jambu Air mudah untuk melakukan perkembangan.

3/Memperhatikan pola untuk lubang tanam

Tanaman Jambu Air cocok ditanam ketika musim sedang musim hujan. Sebelumnya persiapkan lubang – lubang tanam ketika akan mendekati musim hujan. Siramlah tanaman Jambu Air 2 s/d 3 kali sehari saat belum turun hujan. Perhatikan ukuran lubang tanam adalah sekitar 60 Cm yang nantinya akan ditutup dengan tanah. Tanah penutup ini dipersiapkan sebelumnya dengan cara diaduk – aduk dengan pupuk hewan sehingga pohon Jambu Air nantinya akan tumbuh dengan kuat dan berkembang cukup pesat.

4/Penanaman

Lubang – lubang yang sudah digali tersebut di atas harus segera ditanami bibit unggul. Perhatikan penyiraman haruslas sering – sering dilakukan jika musim sedang tidak musim hujan. Tanamlah Jambu Air ketika hari menjelang sore untuk membuat tanaman ini lebih mudah menyesuaikan diri dengan kondisi lingkungan.

5/Tahapan pemupukan

Apabila pemupukan dilakukan dengan cara pas maka akan mempengaruhi tanaman ini menjadi berkembang dengan sempurna. Pemupukan dapat dilakukan mulai dari benih baru ditanamkan. Untuk selanjutnya ketika sudah ditanamkan melewati 3 bulan maka anda dapat menebarkan pupuk selama 3 bulan sekali. Pilihlah metode pemupukan yang terbaik adalah dengan cara menyebarkan pupuk di sekeliling tanaman Jambu Air dengan jarak sekitar 1 meter.

6/Tahapan pemeliharaan

Meskipun anda sudah tepat melakukan tahapan 1 s/d 5 tersebut di atas namun rangkaian proses diserapnya unsur hara di dalam tanah dilakukan oleh tanaman Jambu Air sebenarnya berlangsung tidak mudah. Ini disebabkan oleh akar – akar pohon tersaingi akar gulma dengan masa pertumbuhan sangat cepat. Maka dari itu lakukan penyiangan terhadap gulma – gulma bersangkutan dan perhatikan jarak tumbuh gulma optimal sekitar 1 meter dan berhati – hatilah terhadap serangan penyakit dan hama tanaman Jambu Air yang dapat menyebabkan tumbuhan Jambu Air mengalami pembusukan sehingga kualitas buahnya tidak bisa dikonsumsi.

7/Tahapan pemangkasan

Upaya untuk dapat menghasilkan buah Jambu Air yang sempurna tidak cukup hanya menjalankan tahapan tersebut di atas. Hal ini dikarenakan anda harus melalui beberapa proses lebih lanjut seperti pemangkasan. Proses pemangkasan ini dilakukan dengan cara memotong ranting – ranting dan dahan pada tanaman Jambu Air. Pemangkasan diupayakan agar tanaman bisa membuat tajuk baru sehingga ‘kanopi’ tumbuhan terbentuk dengan baik. Penyempurnaan ini bertujuan untuk mempengaruhi jumlah buah yang dihasilkan oleh tanaman Jambu Air. Maka dari itu pemangkasan harus dilakukan dengan sebaik – baiknya.

Demikian kami menjelaskan dengan singkat tentang cara budidaya tanaman Jambu Air, semoga bermanfaat untuk para pembaca.

 

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *