Cara Budidaya Tanaman Jeruk

Cara Budidaya Tanaman Jeruk – Hampir semua orang didunia ini menyukai jeruk, selain kandungan vitamin yang bermanfaat bagi tubuh, rasanyapun juga digemari oleh masyarakat luas, oleh karena itu hal ini semakin berkembangnya pula pasar yang menggunakan buah jeruk.

Pengolahan buah jeruk yang bermacam-macam mulai dari buahnya yang bisa dimakan lagsung, minuman, pudding, hingga kue, membuat orang-orang semakin tertarik untuk mendirikan bisnis dengan mengolah buah jeruk tersebut.

Oleh karena itu, bagi kalian yang ingin melakukan budidaya tanaman jeruk, perlu memperhatikan hal-hal dibawah ini:

  1. Pemilihan tempat

Untuk membudidayakan tanaman ini, kita juga perlu untuk memperhatikan lokasinya agar tanaman jeruk dapat berkembang dengan baik. Untuk beberapa jenis tanaman jeruk ada yang tumbuh dengan baik jika ditanam di dataran rendah (pamelo, sebagian besar varietas siam, kapok tejakula, Madura).

Namun juga sebaliknya ada yang baik jika ditanam diaerah dataran tinggi (jeruk manis, jenis keprok, jeruk siam madu. Oleh karena itu pada awalnya kalian perlu mencari tahu terlebih dahulu jeruk jenis apa yang ingin ditanam, sehingga bisa disesuaikan dalam penanamannya.

Tanaman ini sangat membutuhkan sinar matahari penuh, dengan suhu lokasi 13-35 derajat celcius. Tanah yang diperlukan bagi tanaman ini dengan kedalaman mencapi 150 cm dengan Ph sekitar 6.

  1. Pemilihan bibit

Bibit yang dibutuhkan bagi tanaman jeruk yang baik ialah hasil okulasi mata tempel dari Blok Penggandaan Mata Tempel (BPMT) pada batang bawah Japansche Citroen (JC) dalam polybag, berlabel dengan tinggi tanaman sekitar 75cm dan pertumbuhan serta perakarannya normal.

  1. Penyiapan lahan

Sebelum kalian menanam tanaman jeruk ini, kalian perlu membebaskan lahan dari pohon besar dan bebatuan. Bidang tanam diolah menjadi surjan/tukungan pada lahan sawah dan pasang surut.

Namun dilahan kering, perlu dibuat lubang tanam dengan ukuran panjang/lebar 0,6 m dengan kedalaman 0,75 m. untuk penutup lubang tersebut diperlukan capuran pupuk kandang sekitar 20kg/lubang. Dan jangan lupa diberi jarak tanam yang cukup.

Sebaiknya setiap pohon dipasang ajir agar tetap kokoh walaupun angina berhembus kencang. Waktu yang tepat untuk melakukan penanaman tanaman jeruk ini pada saat awal musim hujan.

  1. Pemeliharaan

Jika ingin tanaman jeruk tumbuh dengan optimum, maka diperlukan pemeliharaan yang ekstra untuk tanaman tersebut. Diantaranya seperti : pengairan yang cukup, pemberian pupuk mikro (2-3x saat pertunasan) serta pupuk kandang (setahun sekali 20-40 kg/pohon untuk umur 1-4 tahun serta 40-60 kg/pohon untuk umur diatas 4 tahun) secara berkala, penjarangan buah, dan pengendalian hama penyakit.

  1. Panen

Tanaman jeruk siap dipanen ketika telah mencapai kematangan yang optimal sekitar 8 bulan dari pembungaan. Usahakan untuk tidak memanjat pohon, menggunakan gunting pangkas,dan masukkan kedalam keranjang yang berisi karung plastic, lakukan panen ini pada saat cuaca sedang cerah.

Demikianlah pembahasan mengenai cara budidaya tanaman jeruk, semoga bagi kalian yang ingin membudidayakan tanaman jeruk dapat mengaplikasikannya, dan mendapatkan hasil panen yang terbaik.

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *