Cara Budidaya Tanaman Mangga Menggunakan Pot  

Menanam tanaman serta membudidayakannya, memang dibutuhkan sebuah lahan yang cukup luas. Akan tetapi, dengan adanya tabulampot atau yang disebut tanaman bunga dalam pot menjadi salah satu kemudahan tersendiri. Dimana, pada metode ini, semua lahan dalam jumlah lebih tersebut dapat diganti dengan sebuah pot. Seperti halnya pada penanaman pohon mangga yang mudah dilakukan di dalam pot. Pada penanaman ini, sebaiknya juga membutuhkan pot dalam ukuran yang relative besar.

1

Pemilihan kualitas bibit

Sebelum pembudidayaan mangga di dalam pot ini dilakukan, terlebih dahulu mengetahui jenis-jenis bibit yang akan digunakan. Karena dari bibit yang baik akan menghasilkan produk yang baik pula. Termasuk juga dengan kriteria bibit seperti berikut ini, yaitu:

  • Pemilihan bibit dari mangga yang berkualitas baik. Pada penanaman ini, akan jauh lebih berbuah dengan cepat bilamana menggunakan hasil cangkok ataupun ovulasi daripada bibit dari buahnya. Untuk ukuran awal bisa dengan tinggi sekitar 10 sampai 15 cm.
  • Bila kriteria bibit telah terpenuhi, selanjutnya ialah menentukan varietas bibit mangga itu. Seperti yang diketahui bahwa jenis-jenis tanaman mangga ada lebih dari satu. Akan tetapi, beberapa diantaranya bisa tumbuh dengan mudah serta dapat berbuah lebih cepat. Contohnya ialah mangga apel, manalagi kecil, okyong dan nangklawan. Dimana jenis mangga tersebut bisa berbuah dalam tempo singkat sekitar 2 sampai 2, 5 tahun.

Pemilihan pot yang akan digunakan

Setelah pemilihan bibit telah siap, selanjutnya bisa menentukan karakter dari pot yang digunakan. Selain yang berukuran besar, bisa dengan pot yang berdiameter 60 sampai 70 cm. Untuk tinggi pot tersebut bisa mencapai 50 sampai 60 cm. Kemudian, pada bagian bawah dari pot tersebut diberikan lubang sebanyak 4 sampai 6 celah. Masing-masing lubang memiliki luas sekitar 1 sampai 2 cm. Tujuannya ialah untuk memudahkan jalur pengeluaran air yang diberikan selama masa penyiraman. Selanjutnya, sebelum pot diletakkan pada titik tertentu, berikanlah alas yang berupa batako ataupun batu bata. Sehingga, pot tidak bertatapan langsung dengan lantai.

Media tanam di dalam pot

Pada proses selanjutnya yang harus disiapkan ialah tanah yang ingin digunakan. Dimana pada media tanah untuk tanaman mangga ini bisa dengan perbandingan 2:1:1 untuk tanah, pupuk kandang dan arang sekam. Dengan kombinasi komponen media hidup yang berada di dalam pot tersebut, mangga dapat tumbuh dengan subur. Karena tanah jenis tersebut sangat cocok untuk pertumbuhan mangga.

Bilamana semua proses telah selesai, mulai dari pemilihan bibit, jenis pot hingga media tanah yang akan digunakan, selanjutnya ialah pada tahap perawatan. Dimana pada tahap ini, harus dilakukan secara seimbang dan teratur, diantaranya:

  • Penyiraman tanaman.
  • Pemangkasan tanaman.
  • Perangsangan untuk pembuahan
  • Pengendalian terhadap hama dan penyakit

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *