Cara Budidaya Tanaman Sirsak yang Menghasilkan

Buah-buahan merupakan salah satu sumber pangan yang kaya akan vitamin, selain itu rasanya yang segar membuat masyarakat sangat menggemarinya.

1

Ada banyak sekali jenis buah yang ada di Indonesia, baik itu yang memang asli tanaman dari Indonesia atau berasal dari luar negeri, salah satunya adalah sirsak, tentunya anda sudah sering kali mendengar dan juga merasakan buah yang memiliki rasa masam namun segar ini bukan. Buah sirsak selain enak juga memiliki banyak sekali nutrisi, tak hanya berasal dari daging buahnya saja manfaat tersebut bisa anda dapatkan, namun juga dari daun dan bijinya.

Tak heran jika seandainya banyak yang tertarik untuk membudidayakan buah ini dibandingkan dengan buah yang lainnya, mengingat selain buahnya yang bisa dimakan, bagian-bagian lainnya juga laku untuk dijual sebagai bahan obat. Jenisnya sendiri juga ada banyak, diantara yang paling populer adalah sirsak ratu dan juga sirsak madu, meskipun memiliki rasa yang masam, namun kandungan vitamin C yang ada di dalamnya sangatlah banyak, dan dapat mencukupi kebutuhan anda tiap harinya, ukuran dari buah ini sendiri juga sangat besar, bisa untuk beberapa anggota keluarga.

Bagi anda yang tertarik untuk membudidayakan buah yang satu ini maka berikut ini ada beberapa kiat mudahnya, yaitu:

  • Anda bisa mendapatkan bibitnya dengan 2 cara yaitu dengan menyemai sendiri atau lebih cepat dengan melakukan pencangkokan. Jika anda lebih senang mencangkok maka ada satu hal yang perlu diperhatikan, yaitu usia tanaman tersebut tak akan lebih lama dari induknya, jadi harus dilakukan secara terus menerus, namun jika anda menanam mulai dari bibit maka usia akan jauh lebih panjang, anda tinggal memilih ingin yang mana.
  • Setelah anda mendapatkan bibit yang ideal maka selanjutnya adalah proses penanaman, proses yang satu ini kurang lebih sama dengan penanaman buah yang lainnya, yaitu mencari lahan yang potensial dan memiliki irigasi baik, usahakan paling tidak anda memiliki lahan 4×6 meter untuk idealnya, atau mungkin lebih, penanaman ini juga harus memberikan jarak yang cukup.
  • Perawatan tanaman ini cukup mudah, anda hanya perlu memperhatikan dari beberapa penyakit yang biasa menyerangnya, misalkan saja gulma atau juga hama yang lain, tak ada salahnya juga memberikan pupuk agar hasil lebih baik.
  • Setelah sirsak berbuah maka selanjutnya adalah memperhatikan buahnya agar tak sampai dimakan ulat dan secara rutin anda harus melakukan pembersihan.
  • Pada saat yang tepat buah-buah tersebut sudah bisa anda panen.

Cukup mudah namun membutuhkan jangka waktu yang tak bisa dikatakan sedikit, apalagi pada musim penghujan buah sirsak sangat rentan terhadap pembusukan maka anda harus lebih berhati-hati dalam melakukan perawatan.

Baca Artikel Lainnya :

One thought on “Cara Budidaya Tanaman Sirsak yang Menghasilkan

  1. sri rokhayati

    Sy punya phn sirsak banyak di dpn rmh , sdh 6 bln ini tdk berbuah pdhal bunga banyak tp rontok , bgmn agar bs jd buah?

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *