Cara Budidaya Tanaman Tebu Berkualitas

Cara Budidaya Tanaman Tebu Berkualitas – Tanaman tebu merupakan tanaman jenis rumput-rumputan yang mempunyai nama inggris Sugar Cane. Tebu merupakan tanaman untuk bahan baku pembuatan gula yang kita gunakan untuk kebutuhan setiap hari seperti untuk membuat teh, kopi, kue, dan masih banyak lagi kagunaan gula untuk kehidupan sehari-hari.

1

Tanaman tebu sendiri cendrung membutuhkan waktu yang cukup lama untuk panen yaitu kurang lebih 1 tahun. Kebutuhan gula yang terus meningkat seharusnya di imbangi dengan budidaya tanaman tebu yang berkulitas agar bahan baku pembuatan gula tidak kekurangan. Di Indonesia sendiri, tebu banyak di budidayakan di daerah Sumatra dan jawa.

Jika kita mempunyai lahan yang luas dan ingin membudidayakan tanaman tebu, kita harus tahu cara budidaya tebu yang baik dan berkualitas. Dan tanpa di sadari prospek budidaya tanaman tebu ini sangat cerah, karena apa? Gula merupakan kebutuhan primer yang notabene digunakan setiap hari, jadi tanaman tebu ini pasti akan laku dan harganya pun di jamin naik dari tahun ke tahun, bagaimana bukankah prospek bisnis yang menjanjikan?

Jika anda berminat dalam membudidayakan tanaman tebu ini, berikut ulasan singkat tentang cara budidaya tebu yang berkualitas  yang harus anda ketahui. Di mulai dari point penting sebelum menanam tanaman tebu, diantaranya:

Poin penting sebelum budidaya tanaman tebu:

  1. IKLIM DAN CUACA. Membudidayakan tanaman tebu yang berkulitas, sangat tergantung dari cuaca dan iklim. Jadi iklim dan cuaca apa yang pas untuk menanam tebu? Tebu akan tumbuh dengan baik di daerah yng mempunyai iklim panas, Indonesia sendiri mempunyai iklim yang cendrung panas yaitu berkisar antara 26-28 derajat celcius. Namun derah yang paling baik adalah mempunyai curah hujan antara 100 mm/tahunnya
  2. STRUKTUR TANAH. Keadaan tanah juga sangat penting untuk di perhatikan, berikut adalah jenis tanah yang cocok untuk menanam tebu: regosol,podsolik,alvial dan mediteran. Tanah yang bagus untuk tanaman tebu juga harus mempunyai Ph antara 6,5-7,5 (keadaan asam yang netral). Hal ini penting dalam budidaya tanaman tebu agar menghasilkan panen yang berkualitas

CARA BUDIDAYA TEBU BERKUALITAS

MEMPERSIAPKAN LAHAN.

Dalam pembuatan lahan tebu ada 2 cara:

  1. Di bajak: yaitu dengan cara membajak lahan dalam keadaan kering dan kemudian di buat alur-alur untuk menanam bibit tebu sedalam 20 cm.
  2. Reynoso: yaitu dengan cara membuat lahan tebu dengan mengolah pada area yang akan di Tanami tebu dengan membuat lubang sedalam 40 cm berbentuk cekungan. Ini di gunakan untuk daerah yang tanahnya mengandung banyak air.

MEMILIH BIBIT TEBU.

Memilih bibit tebu dapat di lakukan dengan 4 cara:

  1. Bibit batang muda: bibit tebu yang berasal dari tanaman tebu yang sudah berumur 5-7 bulan dan diambil seluruh batangnya kemudian di bagi 2-3 batang untuk setiap steknya.
  2. Bibit rayungan: bibit yang berasal dari tebu yang memang khusus untuk di budidayakan,.
  3. Bibit siwilan: bibit yang diambil dari pucuk tanaman tebu yang sudah mati.
  4. Bibit pucuk: bibit yang diambil dari pucuk tanaman tebu yang sudah berumur 12 bulan.

CARA PENANAMAN

Ada 2 cara penanaman tanaman tebu menurut lahan.:

  1. Daerah kering: cara penanaman tanaman tebu untuk daerah kering yang paling bagus adalah menggunakan stek yang mempunyai 7-8 mata tunas, dengan jarak kira-kira 1m setiap stek.
  2. Daerah basah: cara penanaman tebu pada daerah basah yang baik adalah menggunakan system tumpang tindih(bersentuh ujung) dengan stek 3-4 mata tunas.

PENYIRAMAN

Proses ini adalah cara pertama dalam pemeliharaan tanaman tebu, lakukan penyiraman tanaman tebu dengan melihat kondisi tanah dan iklim. Dan yang paling penting adalah penyiraman dilakukan setelah proses pemukan yaitu 3 hari setelah poses pemupukan berlangsung.

PENYULAMAN

Dalam proses ini dapat di lakukan setelah tanaman tebu berumur 3-4 minggu, yaitu mengganti bibit yang tidak tumbuh dan menggantinya dengan bibit yang baru.

PENYIANGAN.

Dalam proses ini, anda dapat melakukan dengan cara mencankul gulma yang ada di sekitar tanaman tebu, namun pada daerah kering pasti akan sangat banyak tanaman gulma yang berada di sekitar tanaman tebu, cara mengatasinya adalah dengan menggunakan  herbisida( karmex, gesapax, amexon, sanvit dan gramoxon)

PEMUPUKAN.

Proses pemupukan tanaman tebu dapat menggunakan pedoman P3GI. Adapun pupuk yang baik untuk tanaman tebu antara lain: ZA, SP36, KCL. Sebaiknya pemupukan di lakukan secara teratur dan sesuai kebutuhan tanaman tebu.

PENANGGULANGAN HAMA .

Untuk mencegah hama sebelum menanam tebu di perlukan bibit variates yang tahan hama. Walaupun begitu Penanggulangan hama sangat di perhatikan, contoh yang sering menyerang tanaman tebu saat pembibitan adalah ulat pengerek. Untuk mengatasinya yaitu dengan menyemprotkan Thiodan 35 EC pada bibit tanaman.

PEMANENAN.

Cara memanen tanaman tebu adalah dengan mencangkul  pada area tanam sedalam  20 cm, dan jika lahan ingin di tumbuhkan kembali sisakan 3 ruas , jika lahan ingin di kosongkan , cabut tebu higga akar. Bersihkan pucuk tebu dan ambil batangnya, ikat batang tebu dengan jumlah 30-40 batang/ikatan. Waktu memanen tebu yang bagus sebaiknya di lakukan pada bulan april-oktober, yaitu pada musim panas.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *