Cara Budidaya Tepat Tanaman Hias Anthurium

Cara Budidaya Tepat Tanaman Hias Anthurium – Tanaman hias anthurium merupakan salah satu jenis tanaman yang sempat ngehits di Indonesia beberapa waktu yang lalu. Sampai-sampai harga jual tanaman anthurium jenis tertentu bisa mencapai puluhan juta rupiah. Salah satu jenis anthurium yang banyak diminati adalah anthurium jenis Jenmanni.

Untitled

Sebenarnya tanaman anthurium merupakan jenis tanaman yang berasal dari dataran Amerika, tepatnya Amazon yang memiliki iklim tropis. Jadi tak heran tanaman yang satu ini juga bisa tumbuh subur di wilayah Indonesia.

Tanaman ini merupakan jenis tanaman hias yang memiliki bentuk cantik. Biasanya tanaman ini diletakkan di teras rumah atau ruang tamu sebagai akses untuk mempercantik tampilan ruang. Tanaman ni juga dipilih sebagai tanaman hias karena memiliki warna yang cantik dengan daun hijau mengkilat. Selain itu pertumbuhan dari tanaman ini tergolong lambat.

Budidaya tanaman anthurium saat ini terbilang lumayan diminati, mengingat profit yang bisa didapat lumayan banyak. Selain itu proses budidayanya juga terbilang sederhana. Berikut beberapa hal serta cara yang harus diperhatikan saat ingin memulai budidaya tanaman hias anthurium.

  1. Karakteristik Tanaman

Tanaman anthurium merupakan tanaman yang dapat hidup dan tumbuh dengan subur di tempat yang memiliki ketinggian sekitar 1.400 meter di atas permukaan air laut. Sedangkan untuk intensitas cahaya yang dibutuhkan adalah 30 hingga 60 persen. Paparan sinar matahari secara langsung dapat menyebabkan daun anthurium menjadi kuning. Sebaliknya kekurangan sinar matahari menyebabkan pertumbuhan tanaman yang satu ini menjadi lambat.

Selain itu anthurium juga bisa tumbuh dengan baik di daerah yang memiliki suhu 18 sampai dengan 20 derajat celcius pada malam hari. Sedangkan suhu siang hari yang baik adalah 27 sampai dengan 30 derajat celcius.

  1. Media Tanam

Sebenarnya ada banyak sekali jenis media tanam yang digunakan untuk budidaya anthurium. Namun media tanam yang paling baik adalah yang bersifat porous. Media tanam yang bersifat porous bisa dibuat dari campuran sekam dan pasir.

Agar mendapatkan hasil yang baik, media tanam yang baik harus diperhatikan, termasuk sirkulasi udara yang disediakan. Media tanam dibuat dari sekam bakar yang dicampur cacahan pakis atau pasir. Bisa ditambahkan pupuk kompos untuk memperbaiki struktur tanah.

  1. Perawatan

Perawatan yang dilakukan dalam budidaya tanaman anthurium terbilang sangat sederhana. Hanya diperlukan penyiraman dan pemupukan secara rutin. Penyiraman sebaiknya dilakukan setiap hari sekali. Yang harus diperhatikan adalah porsi penyiraman jangan sampai air menggenang karena akan menyebabkan tanaman menjadi busuk.

Sedangkan untuk pemupukan bisa dilakukan setiap tiga bulan sekali. Perawatan terhadap daun harus dilakukan dengan ekstra mengingat daya tarik dari tanaman ini terletak pada daunnya. Buat anda yang ingin melakukan pembibitan tanaman anthurium bisa dilakukan dengan cara vegetatif maupun generatif.
Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *