Cara Budidaya Walet? Simak Tipsnya!

Cara Budidaya Walet? Simak Tipsnya! – Burung wallet ialah salah satu burung yang memakan serangga. Burung ini memilik warna yang gelap, serta kecepatan terbang yang sangat luar biasa, memiliki sayap yang berbentuk sabit serta runcing.

Untitled

Biasanya burung ini bisa Kita temukan di gua-gua, namun siapa bilang Kita tidak bisa membudidayakannya? Mengingat harga yang di berikan untuk saliva atau liur burung wallet ini sangat fantastis. Sarang ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Oleh sebab itu, banyak orang yang berbondong-bondong untuk mencarinya.

Persyaratan untuk lokasi kandang wallet ini ialah:

  • Dataran rendah yang memiliki ketinggian 1000 m, di bawah permukaan laut,
  • Daerah yang Anda pilih harus jauh dengan burung-burung yang memangsa daging,
  • Daerah sebaiknya sedikit jauh dari perkembangan masyarakat serta kemajuan teknologi,
  • Jauh dari kebisingan, tentu Kita mengetahui, habitat asli burung wallet ialah di goa yang jauh dari kebisingan,
  • Untuk daerah yang di rasa paling tepat ialah pantai, danau, rawa-rawa, atau sungai.

Umumnya untuk bentuk kandang, lebih baik Anda menyulapnya seperti bentuk asli kandang wallet. Anda bisa menggunakan gedung yang berukuran 10 x 20 meter. Untuk bagian tembok, sebaiknya tertutup oleh plester, jangan lupa untuk memberikan sedikit ventilasi udara, Anda juga harus mengatur suhu kandang, suhu kandang umumnya ialah 26 derajat, serta lembab. Akan lebih baik jika atap yang Anda gunakan terbuat dari genting. Sulaplah gedung tersebut menjadi lebih gelap, dengan warna tembok yang kehitam-hitaman. Untuk tips, semakin tinggi wuwungan yang Anda buat, semakin besar pula jarak wuwungan serta plafon.

Hama serta penyakit yang harus Anda waspadai ketika beternak wallet ialah:

  • Tikus, hama ini akan memakan telur dari wallet, tidak jarang tikus ini juga akan memakan sarang dari wallet. Tikus juga akan mendatangkan bau yang kurang sedap dari kotorannya,
  • Kecoa, binatang yang satu ini akan memakan sarang hingga tubuhnya menjadi cacat, atau tidak sempurna. Untuk memberantas hama yang satu ini, Anda bisa menyemprotkan insektisida, selain itu, Anda juga bisa meningkatkan kebersihan kandang,
  • Semut api, semut ini akan memakan anak-anak dari wallet, ia juga akan mengganggu wallet saat sedang bertelur,
  • Tokek, ia akan memakan sarang serta telur wallet. Seringkali ia juga mengeluarkan kotoran yang akan menimbulkan bau yang tidak sedap.

Sebenarnya budidaya ini sangat mudah serta menguntungkan. Untuk urusan pakan, burung ini hanya memakan serangga. Anda bisa dengan mudah memberi makan mereka, selain itu Anda juga bisa menambahkan vitamin-vitamin. Untuk proses pemanenan, tidak terlalu lama. Anda bisa memanen sarang ini kurang lebih 4 kali dalam setahun. Untuk proses pemanenannya, Anda bisa menggunakan teknik seperti rampasan, yaitu dengan merampas sarang, buang telur yaitu membuang sarang, serta penetasan, menunggu telurnya menetas terlebih dulu.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

2 thoughts on “Cara Budidaya Walet? Simak Tipsnya!

  1. Pingback: Beternak Ayam Kampung, Cocok untuk Usaha Sampingan Potensial | Pusat Infomasi Pertanian Indonesia

  2. Pingback: Cepat Kaya dengan Hobi Memelihara Kucing | Pusat Infomasi Pertanian Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *