Cara-cara Melestarikan Hutan

Cara-cara Melestarikan Hutan – Manusia memang diciptakan oleh sang maha pencipta dengan hidup berdampingan dengan alam dan berbagai binatang lainnya sebagai makhluk hidup di dunia. Hal ini tentu saja memiliki maksud dan tujuan, agar manusia dapat memanfaatkan berbagai hasil dan juga kemudahan yang diberikan oleh alam. Tetapi tidak jarang karena keserakahan yang dimiliki oleh manusia banyak diantaranya yang justru menggunakan semua lahan termasuk hutan untuk dijadikan beberapa sarana yang bahkan hewan atau alam tidak bisa menjadi ikut ambil bagian dan justru tersingkirkan.

Untitled

Sebagai generasi muda dan juga sebagai masyarakat yang tidak memiliki kekuasaan dan kewenangan dalam mencegah adanya kegiatan buruk yang dilakukan oleh hutan maka salah satu cara mudah untuk menjaga hutan adalah dengan cara tidak mencorat-coret pohon atau juga bebatuan ketika Anda berkunjung ke hutan. Biarkan saja mereka berkembang dan tumbuh dengan alami tanpa adanya coretan yang menunjukkan bahwa nama Anda pernah terukir disana. Hal ini dirasa cukup egois karena Anda hanya memikirkan Anda sendiri bukan memikirkan kelangsungan dari kehidupan hutan dan juga orang lain yang berkunjung juga kesana.

Cara kedua dalam menjaga kelestarian hutan juga dengan cara tidak membuang sampah sembarangan di hutan. Contoh kecil dan nyata yang seringkali para remaja atau manusia lakukan adalah dengan tanpa atau juga dengan sengaja membuang puntung bekas hasil dari pembakaran rokok dengan santainya di hutan. Jika hutan dalam keadaan yang tidak baik maka api kecil ini dapat membuat hutan menjadi terbakar.

Cara ketiga adalah dengan melakukan tebang pilih tanaman. Hal ini memang hanya menjadi teori saja pada beberapa dunia pendidikan tetapi jika Anda memang salah seorang yang mencintai hutan maka Anda harus bisa menerapkan teori ini ke dalam keadaan nyata. Pohon memang memiliki fungsi untuk diambil manfaatnya, meskipun demikian Anda juga perlu menanam kembali pohon yang telah Anda tebang agar keesokan hari dapat tumbuh dan digunakan untuk cucu dan anak Anda kelak. Mengingat pertumbuhan dari pepohonan yang dirasa cukup membutuhkan waktu yang cukup lama maka hal ini merupakan salah satu langkah yang tepat.

Cara keempat adalah melakukan penebangan pohon secara konservatif. Cara penebangan pohon ini dilakukan dengan cara yaitu memilih menebang pohon yang sudah tidak berproduktif atau tua. Jangan sampai pohon yang masih terlalu muda Anda tebang sehingga menimbulkan dampak yang membuat pohon tua dan tidak berguna memenuhi hutan.

Cara kelima adalah dengan cara melakukan reboisasi terhadap hutan yang telah rusak. Anda dapat melakukan kegiatan ini dengan cara menanam kembali beberapa pohon yang telah habis dengan beberapa bibit pohon yang masih baru. Cara ini selain dapat melestarikan kembali hutan yang telah gundul, hal ini juga bertujuan untuk mencegah adanya kelongsoran yang diakibatkan oleh hutan yang gundul.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *