Cara Cegah Datangnya Flu Pada Anak

Cara Cegah Datangnya Flu Pada Anak – Orang seringkali beranggapan bahwa anak terserang flu dan batuk penyebabnya adalah mengkonsumsi es atau gorengan di dalam jumlah yang terlalu berlebihan.

Untitled

Penyebab lainnya yang sering diduga adalah kehujanan, kelelahan, terpapar debu maupun terkena polusi yang lainnya.

Ternyata berbagai anggapan tersebut salah besar, karena semua itu bukan penyebab secara langsung timbulnya pilek, batuk maupun demam pada anak.

Dimana faktor daya tahan tubuh sebenarnya faktor paling penting bagi penderita demam, batuk, flu dan pilek.

Jika tidak ada kontak secara langsung dari sumber, maka penularan flu juga tidak akan terjadi sebab virus tidak beterbangan di udara bebas. Lantas bagaimana cara mencegah penularannya?

Gunakan vaksin flu

Saat musim flu mulai datang, usahakan anak menggunakan vaksin flu. Namun tidak semua virus flu bisa Anda tangkal menggunakan vaksin.

Ada juga jenis-jenis vaksin dengan tipe virus tertentu yang mungkin sedang menjadi wabah. Tetapi bukan hanya perbedaan virusnya saja, sering bermunculan tipe-tipe virus yang mudah lolos dari tindakan penangkalan.

Memperkuat sistem kekebalan tubuh

Dengan beristirahat cukup didampingi konsumsi makanan bergizi tinggi, terutama ketika musim hujan adalah cara paling cerdas dalam memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Mandi dan minum air hangat serta membaluri tubuh menggunakan obat gosok juga bisa menjadi solusi. Memilih makanan bergizi tinggi dari telur, susu, sayur mayur berwarna hijau maupun daging harus Anda utamakan.

Terutama menghindari hembusan angin atau berada di udara terbuka, terlebih lagi mandi dengan air hujan.

Menghindari paparan udara dingin

Tubuh yang terlalu sering terpapar udara dingin akan semakin mudah juga Anda terserang virus. Bukan sebatas virus flu, namun juga semua jenis virus.

Sehingga cara paling jitu untuk melawan virus adalah menjaga agar tubuh Anda memiliki ketahanan tubuh Anda kuat.

Baca Juga :

Rajin mencuci tangan menggunakan sabun

Penting untuk Anda ketahui jika tangan adalah sumber perpindahan virus dalam tubuh melalui aktivitas layaknya bersentuhan dengan uang, daun pintu, pintu mobil, meja dan lain sebagainya yang tanpa Anda ketahui telah disentuh orang selain Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *