Cara Cepat Budidaya Jambu Air dengan Menggunakan Pot

vpsCara Cepat Budidaya Jambu Air dengan Menggunakan Pot – Jambu air ialah salah satu jenis buah yang memiliki rasa manis serta memiliki ragam jenis. Dimana pada buah ini, bisa dibudidayakan dengan mudah. Bahkan, bisa diproduksi dalam jumlah yang berlimpah. Terlebih lagi, dengan adanya cara penanaman yang lebih praktis yaitu dengan media pot ini, bisa lebih mudah untuk berbudidaya. Untuk itu, Anda bisa mencoba untuk melakukan budidaya jambu air dalam pot ini dengan cepat nan praktis.

Pada pelaksanaan pembudidayaan jambu air di dalam pot ini, terdapat beberapa komponen yang harus disiapkan terlebih dahulu. Seperti halnya pada tahap pertama yaitu pemilihan bibit yang unggul, termasuk pada beberapa tips berikut ini, yaitu:

  • Memilih bibit untuk jambu air ini, akan lebih baik bila dari proses cangkok, bukan dari biji.
  • Bibit dengan cara stek ini harus berasal dari induk yang sudah berbuah
  • Pemilihan bibit harus sudah berumur, setidaknya pada usia stek selama 2 sampai 3 bulan.

Setelah pada pemilihan bibit selesai, selanjutnya ialah proses penanaman. Pada penanaman di dalam pot ini, harus berisikan tanah yang subur serta sesuai untuk tumbuhan jambu air ini. Tanah tersebut bukanlah secara utuh 100%, tetapi juga dicampurkan dengan pupuk kandang dengan perbandingan 1:1.

Kemudian, setelah media pot dan tanahnya telah siap, jambu air siap untuk ditanamkan. Selanjutnya ialah penataan tanaman dengan jarak 2, 5 meter hingga 3 meter. Tujuan dari pemberian jarak ini ialah untuk memberikan sela atas adanya sirkulasi udara dari antar pohon.

Setelah penanaman ini selesai, proses budidaya tanaman jambu air masih tetap berlanjut. Yaitu pada tahap penyiraman dan pemupukan. Pada fase yang pertama ialah penyiraman dengan 2 kali di setiap harinya. Cara penyiraman ini bisa dilakukan setiap pagi dan sore hari dengan kran otomatis.

Karena dapat memudahkan proses tersebut. Terlebih bila tabulampot jambu air ini dalam jumlah yang banyak. Berbeda dengan pemupukan yang dilakukan seminggu dua kali ini, menggunakan pupuk kandang. Akan tetapi, pemupukan ini berlaku sekali dalam satu minggu bilamana tanaman tersebut sedang berbuah.

Tahap ini termasuk pada bentuk perawatan tabulampot jambu air dari serangan hama dan penyakit. Bilamana tanaman ini terserang oleh satu hama ataupun penyakit, maka dapat menggagalkan hasil panen. Untuk itu, diperlukan perlindungan berupa penanaman yang tertutup oleh kelambu. Cara ini juga jauh lebih efektif untuk menjaga kondisi tabulampot di setiap harinya.

Setelah semua itu siap, tinggal menunggu masa panen. Dimana untuk masa ini bisa dipanen setiap saat karena bukan buah musiman. Akan tetapi, tanaman jambu air ini setidaknya telah berusia 1, 5 hingga 2 tahun. Hingga pada usia tersebut, pada nantinya dapat berbuah yang banyak dan bukan musiman.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *