Cara Cepat Hapus Blog di Blogger dalam 5 Langkah

Cara Cepat Hapus Blog di Blogger dalam 5 Langkah – Apakah Anda sudah mempunyai blog baru dan ingin menghapus blog lama Anda? Atau mungkin saja kegiatan blogging sudah sangat membebani keseharian Anda, dan tidak lagi memberikan kesenangan seperti dulu?

12

Bisa jadi, di blog lama Anda banyak terdapat informasi sensitif, yang akan mempengaruhi kehidupan Anda jika banyak yang tahu. Atau blog Anda yang lama ternyata ada masalah, terjadi konflik dengan penulis blog lainnya, dan sebagainya. Jika demikian, keputusan menghapusnya adalah keputusan yang bijak.

Apapun alasan Anda, mengetahui bagaimana cara menghapus sebuah blog sama pentingnya dengan mengetahui cara membuatnya.

Ada banyak platform untuk blogging sekarang ini, dan semuanya mempunyai prosedur sendiri yang berbeda untuk menghapus sebuah blog. Jadi perhatikan dulu platform blog apa yang Anda gunakan.

Berikut ini adalah cara mudah untuk menghapus blog yang menggunakan platform Blogger:

  1. Masuk ke Blogger.com

Buka blogger.com, dan masuklah ke akun admin blog yang ingin Anda hapus.

  1. Pilih Opsi

Di blog yang ingin Anda hapus, akan ada ikon kecil di bagian kanan berbentuk segitiga yang mengarah ke bawah. Klik ikon tersebut, pilihlah opsi Setelan.

  1. Masuk menu

Di Setelan, Anda akan melihat ada banyak setting seperti OpenID, Konten Khusus Dewasa, Google Analytics, dll. Cari menu Alat Blog.

  1. Hapus blog

Di menu Alat Blog, Anda akan disuguhkan 3 pilihan: Impor Blog, Ekspor Blog, dan Hapus Blog. Pilih Hapus Blog.

  1. Konfirmasi penghapusan

Begitu Anda mengklik tombol Hapus Blog, akan muncul pop up yang memberikan beberapa informasi tentang penghapusan blog dan pilihan untuk ekspor blog. Klik tombol Hapus Blog Ini.

Selesailah sudah, blog Anda yang lama pun sudah terhapus!

Masih bisa dipulihkan

Patut diingat, meski Anda sudah mengkonfirmasi untuk menghapus blog Anda, Blogger akan masih menyimpan data dari blog Anda tersebut selama 90 hari.

Jadi ketika dalam waktu 90 hari tersebut Anda berubah pikiran, dan ingin mengembalikan blog Anda yang lama, Anda masih bisa melakukannya. Klik Blog yang sudah dihapus, dan pilih Pulihkan.

Tentu saja, lebih dari itu, kemungkinan besar Blogger sudah menghapus data dari blog lama Anda. Karena itu, lebih baik jika sebelum menghapus blog, Anda melakukan backup lebih dulu, dan memastikan bahwa semua konten dari blog sudah ditransfer ke blog baru Anda.

Di Blogger, Anda bisa melihat opsi untuk mendownload konten blog Anda ini di pop up untuk konfirmasi penghapusan tersebut. Pilih Unduh Blog, dan semua isi blog nantinya sudah aman tersimpan di komputer Anda.

Secara keseluruhan, semua proses di atas membutuhkan waktu tidak lebih dari 5 menit saja. Bahkan bisa kurang dari itu.

Semoga bermanfaat!

Baca Juga : Langkah-langkah Membuat Read More Di Blog

Loading...

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

One thought on “Cara Cepat Hapus Blog di Blogger dalam 5 Langkah

  1. Pingback: Cara Desain Template Blog Pagination dan Social Sharing Widget | Joko Warino Blog

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *