Cara Cerdas Hadapi Teman yang Egois

Teman adalah sebutan bagi seseorang yang berada di sekitar kita, yang menemani atau bersama dalam suatu waktu atau suatu kegiatan. Semua orang pasti mempunyai teman dalam hidupnya.

Pada dasarnya kehadiran seorang teman adalah suatu anugarah dan kebahagiaan dalam hidup, namun jika teman yang dipunyai mempunyai sifat egois atau menang sendiri tentu menjadi bencana tersendiri.

s 123

Teman yang egois selalu ingin memenuhi keinginannya sendiri tanpa menghiraukan orang lain di sekitarnya. Karena keegoisan teman, kita menjadi tidak nyaman dan berlahan-lahan ingin menjaga jarak dan menjauhinya.

Sifat egois sebenarnya sudah melekat pada tiap-tiap orang, namun kadarnya berbeda-beda. Ada yang kadar keegoisannya tinggi ada pula yang biasa saja. Jadi kita perlu sadar diri dan menerima apa adanya.

Teman yang egois tidak selamanya harus kita jauhi atau hindari. Kalau punya banyak teman yang egois, tidak mungkin kita jauhi semuanya. Karena itu akan membuat kita tidak punya banyak teman.

Sifat egois dari teman bisa kita rubah dan kurangi dengan cara-cara yang cerdas. Dengan demikian kita akan tetap punya banyak teman tanpa merasa tidak nyaman karena sifat egois yang dimilikinya.

Apa saja cara-cara cerdas buat menghadapi teman yang egois ?. simak penjelasan di bawah ini :

  1. Jangan Mudah Tersinggung

Teman yang egois biasanya ingin yang terbaik untuk dirinya saja bukan untuk orang lain atau untuk kepentingan bersama. Sehingga jika kita dihadapkan pada keinginannya yang mau menang sendiri dan cenderung menyalahkan kita pada suatu hal, maka jangan terburu-buru tersinggung dan marah.

Pahamilah sifatnya dan bersikap tenang lalu utarakan argument atau keinginan kita. Dengan demikian kita berlahan terhindar dari intimidasi keinginannya.

  1. Bersikap Sabar

Sabar adalah suatu sifat terpenting yang harus kita lakukan saat bersama teman yang egois. Dengan sifat sabar, kita tidak akan langsung marah jika sifat keegoisan teman muncul.

Dengan bersikap sabar, kita juga tidak mudah terpancing emosi sehingga teman akan merasa tidak enak sendiri jika kita selalu sabar menghadapinya.

  1. Jadilah Cermin Dirinya

Sebuah pepatah bilang, kalau teman adalah cermin hidupmu. Cermin disini dapat diartikan sebagai contoh. Jadi jika teman sudah menunjukkan tanda-tanda keegoisannya, segera jadi cermin atau contoh baginya.

Jika dia meminta sesuatu untuk dirinya sendiri, kita juga harus meminta dia untuk memenuhi keinginan kita. Intinya, kita harus menekankan padanya bahwa dia harus bisa melakukan apa yang dimintanya pada kita atau orang lain.

  1. Memberi Kritik dan Saran

Kalau teman selalu egois dalam setiap kesempatan, sifat diam bukanlah hal yang berguna. Berilah dia kritik dan saran-saran yang dapat menggugah hatinya supaya bisa menjadi pribadi yang lebih baik dan tidak selalu bersikap egois.

  1. Kasih Skak Mat

Skak mat disini bukanlah langkah dalam permainan catur, namun skak mat disini adalah sebuah pernyataan yang menohok hati teman yang egois tersebut.

Baca Artikel Lainnya :

Berikan pernyataan yang membuat dia terdiam dan tak bisa membalas atau berkata-kata lagi. Ini dilakukan jika semua cara sudah dilakukan dan dia tidak mau berubah sama sekali.

Itulah cara-cara cerdas untuk menghadapi teman yang egois. Semoga dapat bermanfaat.

Loading...

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *