Cara dan Teknik Belajar Elektronika Secara Singkat

Cara dan Teknik Belajar Elektronika Secara Singkat – Rangkaian elektronika bisa menjadi hal yang sangat membuat frustrasi bagi sebagian orang.

Untungnya, dengan kemajuan zaman dan munculnya internet menjadi penyelamat bagi semua orang yang tertarik belajar elektronika.

Untitled

Mengakses segala informasi yang berkaitan dengan elektronika bisa dilakukan dan didapatkan secara mudah. Belajar elektronika tak lagi sulit dan rumit sebab materi dan penjelasan yang bisa didapatkan dari internet cukup banyak dan tidak jarang sangat membantu khususnya bagi para pemula.

Kehidupan kita tidak lepas dari elektronika. Gawai yang kita gunakan, laptop yang kita pakai untuk bekerja, lampu menyala, hiburan dari sekotak televisi, makanan yang awet karena pendinginan di kulkas, merupakan sebagian contoh keuntungan dari ilmu elektronika.

Semua hal tersebut ilmunya bisa Anda dapat dengan mengakses informasi dari internet. Tidak hanya berupa tulisan, jika Anda menginginkan tutorial dalam bentuk video pun bisa Anda dapatkan dari situs Youtube.com.

Nah, bagi Anda yang berminat mempelajari sendiri ilmu elektronika secara mudah dan relatif singkat, Anda perlu strategi untuk bisa mempelajarinya sehingga pembelajaran ini bisa efektif dan efisien.

Strategi tersebut salah satunya dibuat berdasarkan materi yang hendak Anda pelajari. Maka dari itu, kami menyajikan informasi terkait dengan susunan pembelajaran elektronika secara otodidak yang bisa Anda lakukan hanya dengan bermodal internet. Berikut ulasannya.

Pelajari teori dasar listrik

Ketahui hal-hal yang berhubungan dengan dasar-dasar ilmu elektronika seperti arus listrik, sumber tegangan, penggunaan, jenis penghantar listrik beserta contohnya, apa itu kuat harus, hambatan, apa itu arus searah dan arus bolak-balik, dan sebagainya yang tercatat sebagai dasar ilmu elektronika.

Materi ini jelas harus Anda kuasai terlebih dahulu karena dalam kehidupan nyata, elektronika dasar merupakan hal yang sangat erat dengan kehidupan kita.

Kenali peralatan kerjanya.

Anda harus mengerti peralatan yang digunakan berkaitan dengan elektronika seperti solder, tang, dan juga obeng. Peralatan kerja ini sangat penting terutama ketika Anda sudah mahir dan mengutak-atik peralatan elektronik.

Tanpa mengetahui peralatan elektronika ini Anda akan kesulitan untuk merangkai komponen dan cenderung menemui banyak halangan.

Kenali dan pelajari komponen elektronika

Anda juga harus mengenal dan mempelajari komponen yang berhubungan dengan ilmu elektronika seperti resistor, transistor, dioda, kondensator, dan lain-lain.

Anda perlu mengetahui prinsip kerja, bahan penyusun, simbol, fungsi, dan hal-hal dasar lainnya terkait dengan komponen elektronika.

Uji dan ukurlah komponen elektronika tersebut

Sebelum akhirnya ANda merangkai sebuah proyek, pastikan Anda telah menguji dan mengukur komponen tersebut untuk memastikan bahwa komponen tersebut dalam keadaan masih bagus dan sesuai dengan kebutuhan. Kerusakan pada salah satu komponen akan menyebabkan proyek Anda tidak bekerja.

Mengenal rangkaian elektronika sederhana.

Inti dari pembelajaran terhadap ilmu elektronika adalah kemampuan untuk merakit serta memperbaiki rangkaian elektronika.

Maka, Anda harus mengetahui rangkaian dasar dari elektronika, paling tidak rangkaian elektronika sederhana.

Kenali PCB.

Printed Circuit Board atau PCB merupakan komponen yang cukup lazim diketahui oleh para ilmuwan elektronik. Anda harus mengetahui komponen satu ini mulai dari bahan baku, fungsi, dan penggunaannya.

Itulah ulasan singkat mengenai strategi, cara, dan teknik belajar elektronika secara singkat dan mudah. Anda tidak memerlukan terlalu banyak tenaga untuk mencari pengajar dan membuang terlalu banyak dana untuk mencari tutor yang tepat.

Selama Anda mengandalkan internet dan berusaha mencari sumber referensi lain yang terdapat di buku, Anda pasti akan bisa menguasai ilmu elektronika. Selamat berusaha!

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *