Cara dan Teknik Membuat Benih Cabe Rawit Berkualitas

Cara dan Teknik Membuat Benih Cabe Rawit Berkualitas – Cabe merupakan salah satu tanaman hortikultura yang menjadi idola setiap kalangan masyarakat. Saat ini yang mungkin banyak dicari salah satunya caai rawit. Namun dengan tidak stabilnya harga cabe membuat banyak masyarakat penggila pedas kebingungan unntuk mengantisipasinya harga tersebut. Oleh karena itu perlu ada tindakan yang bisa menghemat pengeluaran dan tetap bisa mengkosumsi cabai rawit. Salah satunya yaitu dengan menanam cabe sendiri.

a

Kebanyakan di kios pertanian benih cabe rawit yang dijual biasanya ada dua jenis benih yakni OP dan hibrida. OP merupakan salah satu benih lokal yang mempunyai beberapa kekurangan Sedangkan benih hibrida merupakan hasil dari persilangan dua indukan yang berkualitas yang biasanya dilakukan oleh pemuliaan, sehingga diharapkan hasil dari persilangan tersebut menghasilkan benih yang berkualitas atau mewarisi kedua sifat indukannya.

Bagi yang ingin membudidayakan cabe rawit namun tidak memiliki uang yang cukup untuk membeli benih, aangkah baiknya bisa membuat benh sendiri, namuan dalam pembuatan benih ini harus hati-hati karena kedepannya keberasilan pembuatan benih akan menentukan produksi cabe rawit yang dihasilkan,

Dalam kesempatan kali ini saya akan memberikan tutorial tentang cara membuat benih cabe rawit OP dengan mudah, yaitu :

  1. Pada tanaman cabe yang ingin dibuat sebagai indukan atau benihnya akan diambil sebaiknya memiliki keseragaman dengan tanaman cabe lainnya yang ingin di jadikan indukan juga, keseragaman ini berupa batang, bunga, buah, bentuk daun dan lain sebagainya.
  2. Silahkan untuk mengeliminasi atau membuang cabe yang tidak sesuai dengan standart yaitu pertumbuhannya berbeda dengan yang lainnya. Usahakan perlakuan ini dilakuan sebulum tanaman berbunga agar tidak terjadi penyerbukan silang antar tanamann yang akhirnya akan membuat benih cabe menjadi jelek.
  3. Selanjutnya tanaman cabe yang terserang hama dan penyakit sebaiknya dimusnakan.
  4. Rawat dengan baik tanaman cabe dengan menyiram, menyiangi, serta memberikan pupuk. Setelah tanaman berbuah silahkan petik, usahakan cabe yang dipetik benar benar sudah tua dengan ciri berwarna merah.
  5. Langkah selanjutnya silahkan sayat cabe yang sudah diipetik, jangan sampai dalam karena bisa merusak benih cabe
  6. Ambil biji cabe rawit dan cuci dengan air bersih sampai terpisah dari kotoran daging buah.
  7. Kemudian rendam benih cabe ke dalam air bersih, silahkan ambil biji cabe yang tenggelam dan buang yang terapung karena biasanya benih yang terapung akan memiliki persentase tumbuh yang rendah
  8. Jemur benih cabe disinar matahari atau dikering anginkan. Setelah benih kering, benih sudah dapat dijadikan sebagai benih untuk dibudidayakan.

Bagaimana cukup gampang bukan membuat benih cabe sendiri yang berkualitas. Perlu diiketahui bahwa tingkat kualitas akan jauh lebih tinggi hibrida namun hal ini sebagai antisipasi jika kita tidak memiliki dana yang cukup. Selamat menncoba…

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

2 thoughts on “Cara dan Teknik Membuat Benih Cabe Rawit Berkualitas

  1. Pingback: Cara Membuat Lahan Miring Menjadi Lahan Pertanian | Pusat Infomasi Pertanian Indonesia

  2. Pingback: Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Kunyit | Pusat Infomasi Pertanian Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *