Cara dan Tips Mendidik Anak Agar Berperilaku yang Baik

Mempunyai anak dengan perilaku yang baik, sopan, dan santun adalah keinginan setiap orang tua. Namun terkadang keinginan tersebut tidak dibarengi dengan usaha. Sibuk bekerja adalah salah satu alasan orang tua lalai dalam mendidik anak.

Sebagai orang tua, tentu Anda harus bisa meluangkan waktu untuk mendidik Anda karena bagaimana pun anak adalah cerminan orang tuanya. Dan buah jatuh tidak jauh dari pohonnya.

s 71

Berikut ini beberapa cara dan tips bagi Anda untuk mendidik anak agar berperilaku yang baik.

  1. Berikan anak asupan yang sehat dan baik

Mungkin terdengar sepele, namun apa yang dikonsumsi anak juga dapat mempengaruhi tumbuh kembangnya. Makanan empat sehat lima sempurna harus selalu diusahakan agar anak Anda tumbuh dan berkembang dengan baik. Jika hal ini sudah terpenuhi maka akan mudah untuk mendidik anak.

  1. Memberikan contoh yang baik

Orang tua adalah role model bagi anaknya. Tidak dipungkiri, anak akan senantiasa berlaku seperti orang tuany. Maka dari itu, untuk mendidik anak berperilaku yang baik, Anda harus berperilaku yang baik pula.

  1. Menerapkan kebiasaan yang baik

Learning by doing. Mulailah menerapkan kebiasaan-kebiasaan kecil yang baik seperti belajar mengucapkan salam, menggosok gigi sebelum tidur, tidak berkata kasar, tidak berbohong, dan lain sebagainya. Suatu hal yang kecil jika dilakukan terus menerus akan memberikan dampak yang besar.

  1. Mengamati perilaku anak

Mengamati perilaku anak, entah itu ketika ia sedang bermain dengan teman-temannya ataupun sedang melakukan hal lain adalah sesuatu yang penting bagi orang tua.

Sebagai orang tua, Anda harus mengerti ‘apa yang diinginkan dan dibutuhkan’ oleh anak. Jangan sampai anak Anda merasa tidak dipedulikan oleh orang tuanya sendiri.

  1. Family time

Keluarga adalah lingkaran terkecil dalam kehidupan. Luangkan waktu Anda untuk bermain atau sekedar bercengkrama dengan anak. Anak biasanya akan memberontak karena ingin mendapatkan perhatian dari orang tuanya. Maka sebelum itu terjadi, mulailah untuk ‘berteman’ dengan anak.

  1. Tenang namun disiplin

Ketika anak melakukan sesuatu yang salah cobalah untuk bersikap tenang dan tidak meluapkan amarah. Jika Anda sudah merasa tenang, maka cobalah untuk berbicara dengan anak Anda dengan baik-baik.

Baca Artikel Lainnya :

Tanyakan pada anak mengapa hal itu bisa terjadi dengan kata-kata yang baik. Jika terbukti anak Anda salah, Anda dapat menghukumnya dengan hal yang positif.

Loading...

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *