Cara Deteksi Dini Kehamilan Akan Kembar Siam

Cara Deteksi Dini Kehamilan Akan Kembar Siam – Di Indonesia, kasus kelahiran bayi kembar siam memang masih tergolong tinggi. Mayoritas kasus seperti ini sendiri menimpa keluarga pada kelas menengah ke bawah.

Untitled

Sebenarnya bayi lahir kembar siam masih bisa dideteksi sejak dini atau setidaknya sejak bayi masih berada dalam kandungan.

USG deteksi kembar siam

Sebenarnya kehamilan kembar siam bisa terdeteksi menggunakan alat USG (Ultrasonografi) ketika usia kehamilan masih dini.

Namun ini tentu saja masih tergantung pada ketajaman dari alat USG yang saat itu digunakan sekaligus kompetensi tenaga medis yang bertugas untuk menangani pemindaian USG.

Bahkan hingga saat ini hasil positif yang palsu memang masih cukup tinggi, ketika deteksi dari janin kembar siam dilaksanakan saat kehamilan masih berusia kurang dari 10 minggu.

Pada trismester pertama yaitu usia kehamilan mencapai 12 bulan, ketika hasil pemeriksaan USG mulai menampakkan adanya 2 janin, maka sejumlah hal sangat perlu untuk diperhatikan.

Misalnya saja seperti adanya selaput ketuban yang menjadi pemisah dari janin kembar, adanya bagian tubuh yang menyatu atau tidak terpisahkan, penyatuan bagian-bagian tubuh janin meskipun janin melakukan pergerakan atau merubah posisi.

Deteksi dini melalui USG penting dilakukan

Tindak pemeriksaan USG dalam kasus kehamilan kembar sangatlah perlu dilakukan untuk menentukan apakah kehamilan tersebut ada selaput ketuban yang menjadi pemisah janin di dalam rahim.

Saat selaput terdeteksi, bisa dipastikan bahwa janin yang ada di dalam rahim bukan siam. Sementara jika USG justru menunjukkan bahwa tidak ditemukan adanya selaput yang memisahkan janin, maka selanjutnya tindakan pemeriksaan harus mampu memastikan siam atau tidaknya kondisi janin tersebut.

Semakin dini usia kehamilan, maka semakin mudah juga untuk mendeteksi dan melihat ada ataukah tidak selaput ketuban yang menjadi pemisah dari janin kembar.

Baca Juga :

Sekali lagi, semua bisa dilihat menggunakan USG, terutama transvaginal dua dimensi dengan fasilitas doppler.

Setelah melakukan deteksi dini secara tepat, tentu saja akan lebih mudah penanganan akhir dari kehamilan yang dilakukan. Termasuk juga pemberian informasi tepat pada orang tua maupun keluarga.

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *