Cara Efektif Mengatasi Sembelit Pada Bayi Dengan Aman

Cara Efektif Mengatasi Sembelit Pada Bayi Dengan Aman – Sembeli yang menyerang bayi kondisinya berbeda dengan sembelit yang terjadi pada orang dewasa yang bisa diatasi dengan banyak obat – obatan.

Sedangkan cara mengobati sembelit pada bayi justru sebaliknya yaitu hindari memakai obat – obatan yang biasa diaplikasikan untuk mengobati konstipasi.

rus

Karena pencernaan bayi pada umumnya masih lemah sehingga anda harus memperhatikan aspek keamanannya yakni utamakan memakai penanganan secara alami.

Hal pertama yang harus anda cermati adalah apakah benar bayi anda sedang mengalami konstipasi.

Maka dari itu cermati beberapa ciri – ciri dan tanda bahwa telah terjadi sembelit pada bayi anda sebagai berikut : mereka buang air besar lebih jarang dari biasanya, terutama selama tiga hari atau lebih.

BAB dengan tinja keras dan kering yang sulit dikeluarkan ( tidak peduli seberapa sering mereka BAB ) bahkan terlihat kesulitan ketika saat buang air besar yang ditandai dengan mereka mengedan kuat, badan sampai melengking, bahkan disertai dengan tangisan.

Bagaimanakah cara mengatasi sembelit pada bayi anda tersebut di atas yang paling mudah dilakukan oleh kalian para orang tua ? Berikut cara aman dan efektif dalam mengatasi bayi yang sembelit :

1). Lakukan latihan fisik

Jika bayi anda sudah mulai bisa berjalan, bimbinglah dia agar lebih aktif dan berhasrat melakukannya.

Jika dia terlihat malas atau tidak mau merangkak lagi, cobalah menggerakkan kedua kakinya seolah – olah seperti anda mengarahkan mereka untuk melakukan gerakan mengayuh sepeda.

Lakukan pada kondisi anak anda sedang berbaring telentang. Pijat dengan lembut bagian perut mereka.

Ukurlah sekitar tiga jari di bawah pusar pada sisi kiri bawah perut. Lakukan tekanan lembut tapi tegas pada daerah – daerah tersebut dengan ujung jari.

Tekan perlahan – lahan sampai anda merasakan adanya massa. Jagalah tekanan lembut anda agar tetap konstan selama sekitar tiga menit. Hindari menekan terlalu kuat.

2). Jus Buah

Tambahkan jus buah sedikit saja ke dalam susu formula bayi jika bayi anda sudah berusia minimal 4 bulan.

Tapi hal ini tidak begitu penting, tapi kalau dicampur sedikit tidak apa – apa untuk membantu meringankan bayi anda dari sembelit.

Jus yang tepat untuk dipakai campuran adalah jus apel atau jus pir. Berilah minuman kombinasi ini kepada bayi anda dalam porsi cukup atau tepat dan jangan berlebihan meskipun bayi anda menyukainya.

Pastikan bayi memperoleh cairan yang cukup, baik melalui susu formula atau ASI dan air putih. Jika bayi anda terlanjur diberi makan berbagai jenis makanan padat.

Maka kurangi makanan yang berpotensi dia terserang sembelit seperti nasi putih, buah pisang, buah salak, dan wortel.

3). Bubur Pepaya dan Pasta Buah Pir

Cobalah memberikan bayi anda beberapa sendok bubur pepaya atau pasta buah pir untuk membantu melancarkan buang air besar.

Diskusikan dengan dokter tentang pilihan pengobatan praktis lainnya yang bisa anda lakukan seperti apakah aman menggunakan pelunak feses yang banyak dijual di pasaran bebas, tetapi jangan coba – coba memberikan bayi anda obat sembelit atau pencahar tanpa persetujuan dokter.

Dokter biasanya menyarankan anda untuk mencoba gliserin supositoria jika bayi menderita sembelit cukup parah.

Supositoria akan merangsang rektum bayi dan membantu feses agar mudah dikeluarkan. Dengan mengaplikasikan supositoria, kadang – kadang kondisi bayi akan membaik, tapi jika anda tidak melakukannya secara teratur maka kondisi sakit bayi akan kambuh lagi.

Bila bayi anda mengeluarkan fese keras yang disertai dengan keluarnya sedikit darah atau bahkan terjadi lecet pada kulit halus dubur bayi dekat pembukaan anusnya.

Maka anda bisa menerapkan lotion lidah buaya ke daerah tersebut untuk membantu mempercepat penyembuhan. Jaga selalu daerah tersebut agar tetap bersih dan kering.

Kapan anda harus menghubungi dokter? Konsultasikan segera ke dokter sewaktu – waktu jika bayi anda memperlihatkan gejala tidak mau makan, kehilangan berat badan, atau memiliki darah dalam tinjanya.

Baca Artikel Lainnya :

Atau jika perawatan dasar tersebut di atas tidak banyak membantu menyembuhkan sembelit terhadap bayi anda berusia di bawah 4 bulan, hubungi segera dokter jika ia diketahui mempunyai fese yang sangat keras atau tidak buang air besar dalam waktu 24 jam dibandingkan biasanya.

Hindari memberikan obat sembelit pada bayi atau pencahar tanpa konsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *