Cara Efektif Menguji Kesuburan Tanah

Cara Efektif Menguji Kesuburan Tanah – Dalam masa panen terkadang banyak petani yang gagal panen, salah satu faktornya adalah tanah yang kurang subur. Dalam tanah terdapat hara tanaman merupakan makanan bagi tanaman. Apabila tanah kekurangan hara tanaman maka akan terjadi gejala pada organ tertentu yang disebut gejala kekahatan. Sebagai tambahan dapat dilakukan pemupukan. Oleh karena itu para petani harus mengetahui cara efektif menguji kesuburan tanah supaya tidak ada lagi yang namanya gagal panen. Hidup gemah ripah loh jinawi.

Untitled

Sebelum mengetes tanah dengan cara efektif menguji kesuburan tanah alangkah baiknya mengetahui keadaan yang menjadi faktor kesuburan tanah. Keadaan biologi tanah, fisik, dan kimia menentukan kesuburan tanah. Keadaan biologi tanah meliputi pengikatan nitrogen udara dan aktivitas mikroba merombak bahan organik dalam humifikisasi. Keadaan fisik tanah meliputi tekstur, kelembapan, struktur, kedalaman, dan tata udara. Keadaan kimia tanah meliputi kejenuhan basa. KTK, bahan organik, unsur hara, reaksi tanah, ketersediaan tumbuhan tanaman, dan cadangan unsur hara.

Pertumbuhan tanaman yang kurang normal mungkin diakibatkan oleh unsur hara. Gejala yang dapat dilihat secara visual adalah pertumbuhan tanaman yang terhambat, warna daun yang memiliki kelainan, matinya jaringan, dan bentuk tidak normal pada bagian tanaman. Cara efektif menguji kesuburan tanah adalah:

  1. Melakukan pengamatan pada gejala defisiensi tanaman secara visual
  2. Analisa tanah dilakukan pada contoh tanah di lapangan menggunakan metode tertentu. Analisa tanah terhadap variabel-variabel fifik dan kimia. Data analisa tanah digunakan untuk memperoleh unsur hara, setelah itu dapat diketahui kadar unsur hara tanah.
  3. Analisa tanaman berdasarkan pada jumlah berdasarkan unsur hara yang ada dalam tanaman.

Selain cara di atas ada juga cara efektif menguji kesuburan tanah lainnya. Alat yang digunakannya sederhana yaitu lampu, colokan lampu, kabel, colokan kabel, dan obeng. Cara membuatnya tergolong gampang, rangkai sambungan lampu, lalu kabel yang menghubungkan + dan – putus, setelah itu rangkai kabel yang telah diputus pada obeng. Campurkan tanah dengan air lalu celupkan obeng. Jika lampu itu menyala menandakan tanah subur tetapi jika lampu padam menandakan tanah kurang subur.

Baca Artikel Lainnya :

 

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

2 thoughts on “Cara Efektif Menguji Kesuburan Tanah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *